Monday, 05 March 2018 00:00

Keroncong SubardJa HS : Air Mata Ibu

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

Pelangi Nada. kali ini, menghadirkan lagu-lagu bernuansa keroncong yang dibawakan oleh penyanyi-penyanyi keroncong berbakat Indonesia. Untuk membuka perjumpaan kali ini, kita dengarkan sebuah lagu berjudul Air Mata Ibu, dibawakan oleh Subardja HS.

lagu ini menceritakan tentang perjuangan seorang ibu yang mengandung dan membesarkan anak-anaknya. Begitu besar jasa ibu dan Bapak yang menjaga dengan cinta dan sayang. Kita tidak akan dapat melihat dunia tanpa jasa kedua orang tua. Betapa besar dosa jika anak durhaka kepada orang tua.

lagu Air Mata Ibu merupakan sebuah lagu keroncong asli. Iringan musik keroncong yang indah semakin sempurna dengan suara Subardja HS yang berkarakter. Sejak tahun 1962, Subardja telah terjun ke dunia musik keroncong, ia konsisten menyanyi keroncong dari panggung ke panggung. Semasa sekolah di Yogyakarta, Subardja lebih dikenal sebagai penyanyi pop. Namun kemudian dia tertarik belajar musik keroncong kepada Kusbini dari tahun 1963 sampai 1964. Subardja meraih sejumlah penghargaan dalam perlombaan menyanyi keroncong. Ia berharap generasi muda tidak melupakan musik keroncong klasik dengan berkembangnya berbagai inovasi keroncong saat ini.

berikut kita dengarkan terlebih dahulu sebuah lagu keroncong berjudul Pandangan Pertama, yang dibawakan oleh Sri Hartati

lagu Pandangan Pertama merupakan sebuah lagu keroncong asli. Tema cinta pada Pandangan Pertama cukup banyak diangkat dalam berbagai karya, seperti drama dan lagu. Cinta pada Pandangan Pertama seakan merupakan fenomena unik dan menarik untuk diceritakan maupun dikenang. Dalam syair lagu ini diungkapkan :

Pada pandangan yg pertama aku telah jatuh cinta pada siapa ku mengadu semuanya tiada yang tahu....

Sri Hartati adalah salah seorang penyanyi keroncong wanita berbakat Indonesia. Suaranya yang merdu dan berkarakter didukung arransement musik yang baik menjadikan lagu ini enak semakin didengar.

untuk mengakhiri Pelangi Nada kali ini, kita dengarkan 2 buah lagu berjudul keroncong Moresko dibawakan oleh Subardja HS dan lagu Bandar Jakarta dibawakan oleh Dian Sri Pertiwi.

Read 1797 times Last modified on Monday, 05 March 2018 14:08

Media

http://voinews.id/indonesian/administrator/index.php?option=com_k2&view=item&cid=1438#k2Tab5