Sunday, 07 January 2018 13:33

Masuki 2018, ASEAN Punya Sekjen dan Gedung Sekretariat Baru.

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOI BERANDA DIPLOMASI Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menyampaikan rasa optimismenya terhadap ASEAN di tahun 2018. Pasalnya ASEAN memiliki Sekretaris Jenderal dan gedung Sekretariat yang baru.  Hal tersebut dikatakan  Menlu Retno saat memberikan sambutan dalam acara serah terima Sekjen ASEAN di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Jumat  (5/1). Optimisme Menlu Retno tersebut didasarkan pada peran Sekretariat ASEAN sebagai pemupuk persatuan ASEAN. Ia menegaskan,  “ASEAN akan memasuki fase pembangunan menjadi Organisasi modern dengan sebuah Sekretariat yang kuat  yang mampu menjaga, memupuk dan memastikan kesatuan dan sentralitas ASEAN. ASEAN memiliki Sekretaris Jenderal yang baru Dato Paduka Lim Jock Hoi (Brunei Darussalam) menggantikan pejabat lama Le Luong Minh untuk masa jabatan lima tahun (2018-2022). Menlu Retno menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia atas fasilitasi kepada Organisasi negara-negara Asia Tenggara tersebut. Sebagai tuan rumah Sekretariat ASEAN, Pemerintah Indonesia terus berkomitmen  membantu dan memfasilitasi.

 

RI-India Tekankan Pentingnya Sense of Urgency dalam Kemitraan.

Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi dan Menlu India Sushma Swaraj memimpin pertemuan ke-5 Sidang Komisi Bersama RI – India, Jakarta (5/1). Menlu Retno Marsudi menegaskan pentingnya meningkatkan sense of urgency dalam kemitraan kedua negara agar menghasilkan kerja sama konkret yang lebih besar. Dikatakannya, untuk menjaga momentum hubungan yang kuat, pertemuan juga menjajaki kemungkinan Perdana Menteri India untuk dapat melakukan kunjungan ke Indonesia di tahun 2018. Pertemuan tersebut membahas peningkatan dan pengembangan kerja sama dalam upaya penguatan kemitraan strategis kedua negara di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya, serta membahas peran Indonesia dan India dalam membangun arsitektur kawasan. Sedangkan di bidang politik, hukum, dan keamanan kedua pihak  juga membahas  kerja sama maritim, penanggulangan terorisme dan kejahatan trans nasional. Untuk kerja sama ekonomi dibahas upaya memberikan akses pasar, fasilitasi perdagangan dan investasi. Sementara di bidang sosial-budaya kedua negara menekankan pentingnya kerja sama budaya, pariwisata, serta people-to-people contact. Pada akhir pertemuan, Menlu RI dan Menlu India menandatangani dokumen kesepakatan dalam bentuk Agreed Minutes.

 

ASEAN-India Harus Bekerja Sama Memperkuat Arsitektur Regional Indo-Pasifik dan Kerja Sama Ekonomi serta Maritim. 

Kemitraan ASEAN-India perlu memperkuat arsitektur regional di Indo-Pasifik serta meningkatkan kerja sama ekonomi. Hal tersebut dikatakan  Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi yang menjadi pembicara kunci  pada Sesi Pembukaan the 5th ASEAN-India Network of Think-Tanks (AINTT) di Jakarta (6/1). Terkait hal tersebut, Retno  Marsudi  menekankan pentingnya budaya dialog dalam kemitraan ASEAN-India untuk menciptakan ekosistem yang damai, tangguh dan makmur di kawasan Pasifik dan Samudera Hindia. Retno Marsudi juga menyampaikan 2 (dua) prioritas kerja sama lainnya yang harus terus ditingkatkan antara ASEAN dan India Dua area dimaksud, yang akan menyentuh langsung hajat hidup masyarakat di kedua kawasan adalah: kerja sama ekonomi dan kerja sama maritim. 

 

Sementara itu, Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj, juga menyatakan harapannya atas kawasan Indo-Pasifik yang bebas dari ancaman tradisional dan non-tradisional. Terkait dengan hal tersebut penguatan kerja sama maritim, termasuk keamanan maritim dan blue economy, menjadi area kerja sama yang terus dikedepankan oleh India.  Pertemuan yang berlangsung selama dua hari tersebut menghadirkan para akademisi, peneliti, dan pejabat tinggi pemerintah dari negara-negara anggota ASEAN dan India. Para peserta the 5th AINTT membahas berbagai aspek kerja sama ASEAN-India, antara lain, kerja sama maritim; pendidikan; warisan budaya, perdagangan dan investasi, serta Visi ASEAN 2025. Diharapkan kegiatan tersebut menjadi upaya berkelanjutan untuk mengidentifikasi tantangan dan potensi kerja sama ke depan ASEAN-India yang pada akhirnya memformulasi rekomendasi bagi perumusan kebijakan di masa mendatang.

 

 

Read 3312 times Last modified on Sunday, 07 January 2018 16:39