Monday, 23 April 2018 00:00

Keroncong

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi Pelangi Nada kali ini, kami akan menghadirkan lagu-lagu berirama keroncong.

lagu Melati di Tapal Batas adalah sebuah lagu bertema perjuangan. Diciptakan oleh Ismail Marzuki, seorang komposer musik berbakat Indonesia pada era perjuangan kemerdekaan Indonesia. Meskipun demikian,lagu ini tetap enak dinikmati dan selalu menggugah rasa patriotisme dan nasionalisme. Lagu ini merupakan salah satu lagu wajib nasional Indonesia. Dibawakan oleh Noor Agni Safitri atau lebih dikenal dengan Safitri dengan balutan musik keroncong modern. Safitri menyanyikan lagu-lagu keroncong yang juga diiringi musik seperti okulele, flute dan violin. Pada awalnya safitri tidak terlalu tertarik pada musik keroncong, namun berkat dorongan orang tua, Safitri akhirnya belajar musik keroncong dan mulai menyukainya. Bahkan dia mengatakan menyanyikan lagu-lagu keroncong merupakan sebuah kebanggaan yang tak tergantikan dalam perjalanan hidupnya. Baiklah saudara, selanjutnya kita dengarkan sebuah lagu keroncong berjudul Sabda Alam.

demikianlah sebuah lagu berjudul Sabda Alam. Safitri memulai karirnya di dunia musik saat menduduki bangku sekolah menengah pertama. Namanya mulai dikenal di Semarang Jawa Tengah. Dia mengikuti acara Bintang Radio dan Televisi (BRTV). Menurutnya menyanyikan lagu dengan gendre kroncong memang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi.Kecintaan dan kebanggaan atas musik kroncong kemudian dituangkan ke dalam sebuah karya berupa album Keroncong In Lounge. Album yang dikeluarkan tahun 2009 berisi 10 lagu campuran Indo Barat kuno maupun terkini dengan irama congrock maupun congdut.

Musik keroncong yang dikemas dengan aransemen berbalut internasional dan Indonesia secara apik dan halus, merupakan bentuk dedikasinya untuk melestarikan musik kroncong agar tetap digemari oleh pendegar muda masa kini. selanjutnya kita dengarkan lagu berjudul Aryati dan Rangkaian Melati.

Read 1045 times
More in this category: « 5 Romeo Pop Daerah »