Tuesday, 01 May 2018 14:57

Presiden Tegaskan Komitmen Indonesia untuk Islam Moderat

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Presiden Joko Widodo membuka Forum Konsultasi Ulama dan Cendikiawan Muslim Dunia, Selasa di Istana Bogor, Jawa Barat Presiden Joko Widodo membuka Forum Konsultasi Ulama dan Cendikiawan Muslim Dunia, Selasa di Istana Bogor, Jawa Barat Intan-Biro Pers

Presiden Joko Widodo menyambut gembira penyelenggaraan Forum Konsultasi Ulama dan Cendikiawan Muslim Dunia (High Level Consultation Meeting – World Muslim Scholars on Wasatiyat Al-Islam), Selasa di Istana Bogor, Jawa Barat. Menurutnya, forum tersebut merupakan sarana berbagi pengalaman bagi para ulama yang hadir untuk mengembangkan tolerasi, dan menjadi pelopor kemaslahatan umat. Pada pembukaan Forum Konsultasi Ulama dan Cendikiawan Muslim Dunia tersebut, Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen Indonesia dalam mendukung lahirnya poros Islam Moderat dunia. Dalam pertemuan yang dihadiri ulama baik dari dalam maupun luar negeri itu Presiden Joko Widodo mengatakan melalui gerakan Islam moderat, umat muslim akan mampu menunjukkan kepada dunia bahwa Islam merupakan agama yang dapat menjadi rahmat bagi alam semesta. 

“Posisi Indonesia sangat jelas. Kami mendorong and sangat berkomitmen bagi lahirnya poros Wasathiyah Islam dunia. Kami yakin dengan wasathiyah Islam kita ingin menunjukkan pada dunia bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin yang menjadi rahmat bagi seluruh alam semesta,” kata Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut Presiden menambahkan, selain menjadi ajang berbagi pengalaman, melalui forum konsultasi ulama dan cendikiawan muslim dunia tersebut dapat menjadi landasan bagi dibangunnya gerakan islam moderat bersama yang mendunia. Hal itu menurut Presiden diharapkan dapat menginspirasi para pemimpin dunia, ulama sekaligus generasi muda untuk teguh pada jalur Islam moderat. Dirinya juga menekankan pentingnya peran ulama sebagai pewaris nabi dan symbol keteladanan umat. Presiden mengatakan dirinya optimis bahwa persatuan ulama akan mampu mendorong poros Islam moderat menjadi arus utama dan dapat memberikan harapan bagi lahirnya dunia yang damai dan sejahtera. (VOI/NDY/RINI)

 

Read 866 times Last modified on Tuesday, 01 May 2018 15:15