Friday, 19 January 2018 21:11

Opening the Opportunities" jadi Tema Kunjungan Presiden ke Asia Selatan

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan mendampingi Presiden Joko Widodo berkunjung ke lima negara di Asia Selatan yaitu Srilanka, India, Pakistan , Bangladesh dan Afghanistan pada 24 hingga 29 Januari. Di 4 negara tersebut Presiden akan melakukan kunjungan kenegaraan dan ke india adalah kunjungan kerja. Tema kunjungan kali ini opening the opportunities. Fokus utama dari kunjungan ini adalah peningkatan kerjasama ekonomi.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir mengatakan, "jumlah penduduk 4 negara tersebut (India,Srilanka, Pakistan dan Bangladesh) sangat besar sekali , lebih dari 1 milyar penduduk. Negara- negara tersebut merupakan pasar non tradisional Indonesia. Walaupun sudah baik namun banyak kerjasama yang akan dikembangkan".

Pada Press Briefing yang digelar Jum'at 19 Januari Ia menjelaskan, selain memperkuat kerjasama ekonomi, kunjungan ini juga mengangkat diplomasi kemanusiaan Indonesia. Kunjungan ini juga menjadi bagian dari visi Indonesia utk kembangkan kawasan Indo Pasifik yang stabil dan sejahtera.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Asia Selatan dan Tengah Kemlu RI Ferdy Piay mengatakan, di India Presiden Joko Widodo akan menghadiri peringatan 25 tahun India-ASEAN dan menghadiri India Republic Day. Pada Republik Day, 10 kepala negara ASEAN diundang sebagai guest of honour.///SEKAR/AHM

Read 1150 times Last modified on Saturday, 20 January 2018 07:06