Monday, 09 July 2018 00:00

Keroncong

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini menghadirkan lagu-lagu bernuansa keroncong yang dibawakan oleh penyanyi-penyanyi wanita Indonesia. Sebagai pembuka kita dengarkan sebuah lagu berjudul Sampul Surat.

demikanlah sebuah lagu keroncong berjudul Sampul Surat yang dibawakan oleh Wiwit Sunarto. Lagu ini bercerita tentang kisah cinta yang berakhir kesedihan. Setelah lama tak berjumpa, sepucuk surat pun datang dari seorang yang dinantikan. Namun apa hendak dikata, surat itu hanyalah sampul surat belaka, tidak ada kabar maupun berita. Walaupun demikian, sampul surat tetap disimpan sebagai kenang-kenangan.

Suaranya yang lembut,  sangat cocok dengan irama keroncong yang mendayu. Lagu ini merupakan lagu keroncong asli yang juga pernah dibawakan oleh penyanyi-penyanyi Indonesia lainnya, diantaranya Didi Kempot. Walaupun membawakan sejumlah lagu keroncong, namun tidak terlalu banyak informasi mengenai perjalanan karier penyanyi wanita yang satu ini. Baiklah pendengar kita dengarkan sebuah lagu berikut ini berjudul Langgam Kerinduan yang dibawakan oleh Mamiek Marsudi.

langgam kerinduan adalah sebuah lagu bernada sendu dengan irama mendayu yang dibawakan oleh Mamiek Marsudi. Lagu ini bercerita tentang kerinduan kepada sang kekasih yang sudah lama merantau. Walaupun mencoba melupakan, namun kerinduan itu tetap ada. Itulah sekelumit cerita dalam Langgam Kerinduan.

Mamiek Marsudi atau Prasitoresmi adalah penyanyi wanita yang memiliki suara merdu dan mendayu. Dalam dunia hiburan Mamiek Marsudi lebih dikenal sebagai penari. Kepiawaiannya dalam menari dan menyanyi keroncong telah mengantarkannya ke berbagai negara sebagai duta dalam misi kebudayaan.

Ketertarikannya pada musik keroncong berawal saat Marsudi suaminya, membawakan kaset keroncong yang diberi oleh Manajer Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada tahun 1983. Mamiek menyukai salah satu lagu dalam kaset itu, yaitu Bunga Sekuntum. Berbekal satu lagu ini dia pun mulai mengikuti lomba lagu keroncong dan meraih juara.

Setelah itu Mamiek bergabungdengan orkes keroncong yang mengiringinya saat lomba. Sejak saat itu bakat terpendam itu semakin terasah. Pendengar, menutup Pelangi Nada edisi kali ini, kita dengarkan lagu keroncong berjudul Melati Pesanku dibawakan oleh Mamiek Marsudi dan Rangkaian Melati dibawakan oleh Wiwit Sunarto.

Read 890 times