Tuesday, 17 July 2018 13:57

Indonesia Bantu Persiapan KTT-OKI di Gambia

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
foto : Antara foto : Antara

 

Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla menerima kunjungan bilateral Wakil Presiden Republik Gambia A.N.M Ousaino Darboe di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 16 Juli. Dalam pertemuan tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Tujuan kunjungan Wakil Presiden Darboe ke Indonesia adalah mengundang Indonesia untuk hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) yang akan dilaksanakan pada November tahun depan di Gambia. Selain itu, menurut Menteri Retno Marsudi, Indonesia akan membantu Gambia mempersiapkan KTT-OKI melalui pelatihan protokoler dan pengembangan kapasitas personel kepolisian.

‘’Jadi tim kita yang akan ke Gambia membantu mereka adalah untuk melakukan assesment dari keprotokolan, mungkin dari Kementerian Luar Negeri. Yang kedua mungkin dari Kepolisian akan melakukan assesment mengenai kebutuhan capacity building untuk Kepolisian’’.

Menteri Retno Marsudi menambahkan, pertemuan tersebut juga membahas peningkatan kerjasama dalam bidang pendidikan, pertanian, dan perdagangan. Selain itu, Indonesia juga meminta kepada Gambia yang juga anggota Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) untuk mendukung proposal Persetujuan Preferensi Perdagangan (PTA) sebagai upaya untuk mendorong kinerja ekspor Indonesia ke wilayah barat Afrika. Salah satu produk yang akan jadi faktor peningkatan kinerja ekspor ke wilayah barat Afrika adalah Crude Palm Oil (CPO) atau minyak kelapa sawit. (VOI/Rezha)

Read 693 times Last modified on Wednesday, 18 July 2018 09:30