Monday, 17 September 2018 00:00

Keroncong

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Edisi kali ini menghadirkan lagu-lagu bernuansa keroncong yang dibawakan oleh penyanyi berbakat Indonesia, Didi Kempot.

demikianlah sebuah lagu berjudul Sampul Surat. Lagu ini merupakan salah satu lagu keroncong asli ciptaan Ismail Marzuki. Lagu yang diciptakan pada masa perjuangan Indonesia. Para era itu jenis musik keroncong cukup berkembang dan mendapat tempat di tengah masyarakat Indonesia. Lagu Sampul Surat sendiri bercerita tentang seorang yang menerima sepucuk surat yang telah lama dinantikan. Tak terkira betapa senang hatinya dan ingin segera membaca surat itu. Namun betapa hancur hatinya, karena yang dia terima hanyalah sampul surat belaka. Walau hatinya kecewa, namun sampul surat itu tetap disimpan sebagai kenang-kenangan di dalam hidup.

Demikianlah cerita dalam lagu Sampul Surat yang dibawakan oleh Didi Prasetyo atau lebih dikenal dengan Didi Kempot. Selain lihai membawakan lagu bergendre keroncong, pria yang lahir di Surakarta (Solo), Jawa Tengah ini lebih dikenal sebagai penyanyi campur sari kebanggaan kota Solo.selanjutnya kitadengarkan sebuah berjudul Sepanjang Jalan Kenangan.

demikianlah lagu berjudul Sepanjang Jalan Kenangan yang dibawakan oleh Didi Kempot. Lagu ini diciptakan oleh A. Riyanto, bergendre pop dan dipopulerkan oleh penyanyi Tetty Kadi pada tahun 1960an. Lagu ini dinyanyikan kembali oleh Didi Kempot dengan gendre keroncong. Bercerita tentang seseorang yang mencoba mengulang kembali kenangan masa lalunya.

Ya dengan menelusuri kembali jalan yang pernah dilalui saat bersama pujaan hati. Walaupun kini situasinya sudah berbeda, kenangan indah sepanjang jalan yang pernah dilalui bersama akan tetap tersimpan dalam kenangan.

Pendengar, sebagai salah satu penyanyi campur sari kebanggaan kota Solo, Didi Kempot tidak hanya dikenal di dalam negeri, namun juga di negara lain.Didi merupakan the most popular singer in Suriname. Dia memenangkan beberapa kali anugrah musik nasional Suriname. Seperti diketahui, di Suriname terdapat cukup banyak masyarakat keturunan Jawa. Selain menyanyi dalam bahasa Indonesia dan Jawa, Didi juga terkadang membawakan lagu berbahasa Belanda (Bahasa Nasional Suriname).   berikut dengarkan lagu berjudul Apa Salah dan Dosaku dilanjutkan dengan lagu berjudul Mengapa Harus Jumpa yang dibawakan oleh Didi Kempot. Kedua lagu ini sekaligus mengakhiri kebersamaan kita pada Pelangi Nada edisi kali ini.

Read 1060 times Last modified on Monday, 17 September 2018 14:33
More in this category: « Pop Boy Sandy »