Tuesday, 06 February 2018 14:19

Pertamina EP Bangun Museum Migas 3D Pertama.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero), membangun museum tentang minyak dan gas dengan konsep tiga dimensi (3D) satu-satunya di Indonesia. Manajer Humas PT Pertamina EP, Muhammad Baron di Jakarta, Senin mengatakan, saat ini pengerjaannya mencapai 80 persen. Diharapkan,  museum migas 3D Pertamina EP  tersebut  diresmikan Maret 2018 dan terbuka untuk umum. Museum tersebut dibangun di atas lahan 4.000 meter persegi di Komplek Pertamina EP Asset II, unit bisnis Pertamina EP Prabumulih, Sumatera Selatan. Menurut Baron, museum migas 3D yang dibangun Pertamina EP merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial (corporate social responsibility) perusahaan di bidang pendidikan. Keberadaan museum diharapkan menjadi pusat pendidikan sehingga masyarakat luas dapat memperoleh pengetahuan yang tepat terkait kegiatan hulu migas. Mulai dari sejarah migas, proses kerja hingga siapa saja yang terlibat dalam proses pencarian migas bagi kepentingan bangsa dan negara. Dikatakan, pihaknya ingin menciptakan lokasi wisata, tidak hanya untuk rekreasi tetapi juga media pengetahuan agar masyarakat umum mengetahui apa yang  Pertamina  kerjakan demi memenuhi kebutuhan energi nasional.

Minangkabau Summit Perluas Akses Pasar UMKM.

Pameran dan Temu Bisnis Pembangunan Sumatera Barat  yang dikemas dalam "Minangkabau Summit" memberikan peluang bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu untuk memperluas pasar. Gubernur Sumatera  Barat, Irwan Prayitno usai membuka pameran tersebut di Padang, Senin mengatakan, Pameran ini selain menghadirkan pameran produk UMKM juga memberikan akses bertemu bagi pelaku usaha guna memperluas pasar. Menurutnya UMKM merupakan sendi utama perekonomian Summatera  Barat  yang patut mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah, salah satunya dengan membantu memberikan akses pasar yang lebih luas. Pasar yang luas dan terjamin akan memberikan kemungkinan lebih besar bagi UMKM untuk berkembang. Minangkabau Summit merupakan rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional ( HPN ) 2018 itu juga merupakan kesempatan menarik masyarakat untuk melihat potensi yang ada di Sumatera Barat. Dikatakan, pelaku usaha dapat mempromosikan usahanya, yang dapat dilihat langsung oleh masyarakat. Sehingga, diharapkan ada transaksi jual beli. Bahkan, bisa dapat membuka peluang kerjasama dari investor yang berada dari luar daerah.

Selain sebagai ajang pameran, sejumlah kegiatan lain juga digelar dalam Minangkabau Summit tersebut diantaranya lomba lari, lomba pantun, puisi, karya jurnalistik bertema lingkungan, festival rendang serta pementasan seni yang mencitrakan Minangkabau.//Ia berharap kegiatan itu benar-benar memberikan efek positif bagi UMKM di daerah tersebut. Sementara itu, terkait acara HPN 2018, Irwan Prayitno menyebutkan Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir pada 7 Februari dan berada di Ranah Minang hingga puncak HPN 9 Februari. Presiden dijadwalkan menghadiri beberapa kegiatan yang dipusatkan di Sumatera Barat, diantaranya pembagian sertifikat, kunjungi irigasi pertanian, ground breaking tol, peresmian bypass, seminar dan beberapa kegiatan yang telah di usulkan lainnya.

Kementerian ESDM Cabut 32 Regulasi.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mencabut sebanyak 32 regulasi untuk menyederhanakan aturan demi mendukung pengembangan investasi. Sebanyak 32 regulasi sektor ESDM dicabut, tersebar pada subsektor minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), ketenagalistrikan, energi baru terbarukan dan konservasi energi (EBTKE) juga regulasi pada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Menteri ESDM Ignasius Jonan di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Senin mengatakan, sesuai arahan Presiden, pihaknya terus mencoba mendorong investasi untuk pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja yang lebih baik. Salah satu arahan adalah mengurangi perizinan, mengurangi peraturan yang dipandang bisa mendorong untuk kegiatan usaha dan investasi makin lama makin baik. Ignasius Jonan menjelaskan,  dari total 32 regulasi yang dihapus, rinciannya adalah sebagai berikut, 11 regulasi dari migas, 4 regulasi ketenagalistrikan, 7 pada minerba, 7 EBTKE dan 3 peraturan pelaksanaan pada SKK Migas. Dikatakannya, banyak perizinan di bawahnya yang didasari peraturan-peraturan tersebut akan dihapus. Ini akan terus dilakukan, seminggu atau dua minggu akan dikurangi lagi, supaya semakin lama kegiatan usaha di sektor ESDM tersebut semakin baik.

Read 913 times Last modified on Tuesday, 06 February 2018 14:22