Wednesday, 14 February 2018 00:00

Diplomasi Perdamaian RI Diapresiasi Para Pemimpin Dunia.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Rapat Kerja Kepala Perwakilan RI dengan Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Senin (12/5). Menurut Presiden Joko Widodo, diplomasi perdamaian yang dilakukan Indonesia mendapatkan apresiasi dari para pemimpin dunia, antara lain dari Presiden Palestina, Presiden Iran, dan Presiden Afghanistan. Indonesia juga terus membantu upaya perdamaian dan pembangunan bagi negara-negara yang membutuhkan bantuan seperti Palestina, Afghanistan, Myanmar, dan Bangladesh, demi menunaikan amanah konstitusi yang diemban. Presiden Joko Widodo minta Menteri Luar negeri dan seluruh kepala perwakilan melanjutkan kontribusi Indonesia untuk perdamaian dan kemanusiaan. Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar yang moderat dan majemuk, sekaligus negara terbesar ketiga di dunia, Presiden mengungkapkan Indonesia memiliki tanggung jawab menjadi bagian dari solusi permasalahan global.

Presiden menegaskan, masyarakat Indonesia mengharapkan para diplomatnya menjadi diplomat yang mampu memperjuangkan kepentingan Indonesia, oleh karena itu pendekatan baru diplomasi Indonesia harus terus disesuaikan dengan tantangan zaman yang ada. Diplomasi yang cepat, responsif, dan tanggap.

Indonesia Promosikan “Beyond Bali” Pada Pameran Pariwisata Terbesar Di Italia.

Lebih dari 600 orang mengunjungi Paviliun Indonesia pada ajang promosi pariwisata Internasional, La Borsa Internazionale del Turismo (BIT) Milano 2018, di Milano, Italia, Minggu 11 Februari 2018. Pada BIT Milano 2018, Kedutaan Besar Indonesia di Roma selaku koordinator Paviliun Indonesia menggandeng enam operator perjalanan wisata, baik dari Italia maupun Indonesia, dengan berbagai ragam jasa dan tujuan wisata.

Keterangan pers Kedutaan Besar Indonesia di Roma, seperti dikutip Antara  di Jakarta, Senin, (12/2) menyebutkan, selain Bali dan Lombok yang selama ini sudah lebih dahulu dikenal, Tanjung Puting, Pulau Komodo, Tana Toraja, serta Raja Ampat juga memperoleh perhatian lebih dalam pameran pariwisata terbesar di Italia tersebut.

Atase Perdagangan Kedutaan Besar Indonesia di Roma, Sumber Sinabutar, yakin dukungan terhadap promosi industri pariwisata Indonesia bukan hanya akan meningkatkan angka kunjungan wisatawan mancanegara namun juga memiliki efek pengganda positif bagi nilai perdagangan jasa Indonesia. Sementara itu Kuasa Usaha Ad Interim Republik Indonesia, Charles Hutapea, menyampaikan, upaya promosi yang terpadu menjadi kunci menjadikan Indonesia makin dikenal di Italia. Italia saat ini merupakan penyumbang wisatawan mancanegara terbesar kelima dari Eropa Barat untuk Indonesia.

Menkeu RI Raih Best Minister Award 2018 di Dubai.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik Dunia  di World Government Summit 2018 yang diselenggarakan di Madinat Jumeirah, Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA). Penghargaan tersebut diserahkan oleh  Wakil Presiden dan Perdana Menteri PEA  baru– baru ini.  Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada tahun 2016. Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan World Government Summit. World Government Summit merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Dubai. Pertemuan dihadiri pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia. Mereka membicarakan proses pemerintahan dan kebijakan publik serta kaitannya dengan teknologi, inovasi, kebijakan ekonomi dan lain-lain. Tujuannya adalah memperbaiki kehidupan 7 miliar penduduk dunia dan mencapai kebahagiaan bagi seluruh umat manusia.

Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam sambutannya mengatakan penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi. Ia  juga mendedikasikan penghargaan tersebut kepada 257 juta rakyat Indonesia dan 78.164 jajaran Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang merata dan berkeadilan. 

Read 958 times Last modified on Tuesday, 13 February 2018 13:35