indah

indah

02
May

VOInews, Kairo: Indonesia mendorong pemanfaatan perdagangan alternatif oleh pelaku usaha di tengah ketidakstabilan ekonomi, seperti imbal dagang dengan Mesir. Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga setelah bertemu dengan Deputi Menteri Perdagangan dan Perindustrian Mesir sekaligus CEO Development Fund Amany El Wassal di New Administrative Capital, Mesir.

"Saya melihat masih terdapat beberapa potensi dan peluang yang dijajaki oleh para pelaku usaha di kedua negara. Pemerintah Indonesia akan mendukung penggunaan skema imbal dagang sebagai salah satu alternatif perdagangan yang dapat digunakan para pelaku usaha," katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (1/5/2024).

Jerry menyampaikan pertemuan bilateral antara Indonesia dan Mesir ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ke Mesir pada 2023. Saat itu, menurut dia, Indonesia mendukung Mesir untuk mendorong penggunaan perdagangan melalui imbal dagang.

"Pertemuan ini merupakan tindak lanjut kunjungan kerja Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada Mei 2023 yang mendukung Pemerintah Mesir guna mendorong penggunaan perdagangan melalui imbal dagang antara kedua negara. Hal ini disambut baik Perdana Menteri Mesir Mostafa Kamal Madbouly," katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (1/5/2024).

Jerry Sambuaga lebih lanjut menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia terbuka terhadap pemanfaatan transaksi imbal dagang business-to-business (b-to-b) antara kedua negara, seperti yang telah dijalankan oleh pebisnis Indonesia dan Mesir. Indonesia dan Mesir juga memanfaatkan momentum pertemuan untuk mengevaluasi transaksi kontrak perdagangan pertama Mesir dan Indonesia pada 2023 lalu.

Sejak 2022, Kementerian Perdagangan RI mendorong pemanfaatan transaksi imbal dagang antara pelaku usaha Indonesia dengan Mesir. Beberapa transaksi imbal dagang telah dilakukan pada tahun 2023. Pada 14 Mei 2023, PT PPI dari Indonesia dan Alpostan dari Mesir menandatangani kontrak imbal dagang produk kopi dari Indonesia dengan delima/anggur Mesir senilai USD150 ribu. Sementara pada 15 Mei 2023, PT PPI dan Al Sahl (Badan Pelaksana Imbal Dagang di Mesir) menandantangani Nota Kesepahaman transaksi imbal dagang b-to-b.

02
May

VOInews, Jakarta: InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) secara resmi meluncurkan International Golo Mori Jazz 2024 pada Selasa (30/4/2024), sebagai bagian dari perayaan  International Jazz Day. Pergelaran musik jazz berskala internasional itu akan dilaksanakan pada 16 November mendatang di Golo Mori Convention Center (GMCC), Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Direktur Utama InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati berharap melalui International Golo Mori Jazz 2024, masyarakat penikmat musik dapat memberikan apresiasi terhadap seni dan keindahan alam timur Indonesia secara bersamaan.  

“Untuk pertama kalinya International Golo Mori Jazz diadakan. Melalui event ini, kami berharap para penikmat seni musik dapat meningkatkan apresiasi terhadap seni pertunjukan dan keindahan alam di timur Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi.

Dilansir dari laman resmi ITDC, International Golo Mori Jazz 2024, menjadi wujud keinginan ITDC untuk menyebarkan apresiasi terhadap karya seni pertunjukan, dan alam untuk Indonesia.

"Melalui event International Golo Mori Jazz 2024 di kawasan The Golo Mori, InJourney menjamin pengalaman yang tak terlupakan dengan menikmati lantunan musik Jazz di tengah keindahan alam yang memukau," tulis pernyataan tersebut.

International Golo Mori Jazz 2024, diharapkan dapat meningkatkan popularitas kawasan The Golo Mori,  sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui industri pariwisata. 

"International Golo Mori Jazz 2024, akan menjadi daya tarik utama The Golo Mori dan berpotensi meningkatkan industri pariwisata di Indonesia Timur," tulis pernyataan itu.

Untuk mensukseskan International Golo Mori Jazz 2024, ITDC menggandeng Jazz Gunung Indonesia untuk menghadirkan pengalaman menikmati “Indahnya Jazz Merdunya Gunung”. Bersama para musisi Indonesia yang mendedikasikan dirinya untuk musik tanah air, International Golo Mori Jazz 2024 akan dinikmati dengan latar alam, bukit dan lautan yang indah serta eksotis di kawasan The Golo Mori.

Founder Jazz Gunung, Sigit Pramono mengatakan International Golo Mori Jazz 2024 akan menghadirkan musisi legenda dari lintas generasi dengan komposisi yang unik dan berkesan. Musisi legenda musik Indonesia dan internasional lintas generasi yang akan tampil termasuk Andien, Maliq & D’Essentials, Sheila Majid, dan Tohpati.

"Tohpati akan tampil dalam format Orchestra untuk memandu lantunan dari Sheila Majid dan Andien dalam kolaborasi internasional yang istimewa," tulis pernyataan tersebut.

Sektor pariwisata merupakan salah satu penyokong besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan Kementerian BUMN RI selalu mendukung acara musik yang memiliki daya apresiatif, spirit, dan komitmen dalam menghadirkan identitas musik Indonesia. 

"Terlebih lagi jika event tersebut dapat memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi wilayah tersebut, dalam hal ini Golo Mori, sehingga kedepannya Golo Mori dapat kita dorong menjadi wisata arts and music," katanya. 

20
February

Penanda tanganan MoU antara RRI-RTHK (photo: indah-VOI)

 

VOInews, Jakarta: Radio Republik Indonesia (RRI) dan Radio Television Hong Kong (RTHK) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) pada Senin (19/2/2024) di Auditorium Yusuf Ronodipuro, Gedung RRI, Jakarta. Dalam sambutannya, Direktur Utama RRI Hendrasmo menyampaikan bahwa kerja sama ini sangat penting, mengingat Indonesia memiliki banyak pekerja migran Indonesia (PMI) dan diaspora yang bekerja di Hong Kong.

"Diperkirakan ada lebih dari 50 ribu pekerja migran Indonesia di sana. Kami juga memiliki diaspora Indonesia yang bekerja di Hong Kong, yang jauh dari tanah air mereka," katanya.

RRI dan RTHK akan bekerja sama dalam program ‘Halo Jakarta Halo Hong Kong’ yang akan dirilis pada Maret mendatang. Hendrasmo berharap kerja sama ini dapat mengenalkan lebih banyak potensi Indonesia, mulai dari kekayaan budaya hingga potensi investasi.

"Saya percaya, kerja sama ini juga penting untuk mitra dari Hong Kong untuk lebih memahami potensi investasi, keberagaman budaya di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Director of Broadcasting Radio Television Hong Kong, Cheung Kwok Choi berharap ‘Halo Jakarta Halo Hong Kong’ dapat memberikan informasi terkini tentang apa yang terjadi di Indonesia dan Hong Kong kepada lebih dari 140 ribu WNI yang tinggal di Hong Kong, dalam bahasa ibu mereka, Bahasa Indonesia. Selain itu, diharapkan program ini juga dapat memperkenalkan lebih jauh tentang Hong Kong kepada masyarakat Indonesia.

"Saya harus mengatakan, program ‘Halo Jakarta Halo Hong Kong’ hanyalah permulaan. Saya harap ini dapat berdampak besar," katanya.

Cheung Kwok Choi pun berharap, kerja sama ini dapat menjadi awal untuk peningkatan hubungan kerja sama antar media penyiaran publik antar negara. Sehingga mendorong peningkatan interaksi antar masyarakat.

"Melalui program ini diharapkan akan ada lebih banyak hubungan yang terjalin antar masyarakat kedua Negara, akan lebih banyak interaksi, interaksi budaya dan bisnis yang bisa dilakukan," katanya.

Penandatanganan MoU antara RRI dan RTHK dilakukan oleh Direktur Utama RRI Hendrasmo dan Director of Broadcasting RTHK Cheung Kwok Choi, dan disaksikan oleh Direktur Programa dan Produksi RRI, Mistam, dan Assistant Director (Radio & Corporate Programming) RTHK, Lee Hin Wah.

23
January

 

VOInews, Jakarta: Indonesian Diaspora Network (IDN) Global menggelar bedah buku Diaspora Bangga Berbangsa karya Fenty Effendy, Sabtu, di Jakarta. Buku itu menceritakan pencapaian diaspora Indonesia selama satu dasawarsa dan sejumlah isu yang menjadi perhatian diaspora di luar negeri.

Salah satu pembedah dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Ganewati Wuryandari, mengatakan Diaspora Indonesia telah melakukan berbagai upaya nyata untuk berkontribusi dalam membangun bangsa. Menurutnya banyak diaspora Indonesia yang sudah menyumbangkan tenaga, pikiran, bahkan aset mereka demi kemajuan bangsa.

"Buku ini juga menceritakan berbagai upaya IDN Global dan para anggotanya dalam melakukan kegiatan yang sifatnya nyata, untuk ikut serta serta menyumbangkan tenaga, pikiran, bahkan aset mereka untuk kemajuan bangsa. Jadi bangga sekali. Menarik ya. mulai dari program smart desa, sampai tadi sudah disampaikan ada tujuh ribu lebih pengguna aplikasi smart untuk pembangunan desa" ujar Ganewati dalam acara yang digelar secara hybrid itu.

Dirinya pun mendorong publikasi lebih jauh terkait upaya diaspora Indonesia dalam mendukung pembangunan nasional. Menurutnya upaya ini dapat juga dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan media sosial.