Saturday, 05 October 2019 10:59

Kerjasama Ekonomi Jadi Prioritas Hubungan Indonesia – Jerman

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
foto : VOI foto : VOI

 

Kerjasama di bidang ekonomi menjadi prioritas kerjasama hubungan Indonesia-Jerman. Hal tersebut dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan dalam sambutannya mewakili Pemerintah Republik Indonesia sebagai tamu kehormatan dalam perayaan Hari Penyatuan Jerman, di Jakarta, Kamis (03/10/2019). Dalam sambutannya, Menko Luhut mengatakan Indonesia dan Jerman telah sejak lama mempunyai hubungan persahabatan yang sangat baik. 

“Kerjasama ekonomi dan pembangunan adalah sektor kunci dalam hubungan ini. Angka perdagangan kami terus menunjukkan tren positif. Pada tahun 2018 Jerman adalah mitra dagang terbesar untuk Indonesia. Selain itu, pada tahun yang sama, Jerman adalah 5 besar investor Eropa di Indonesia, dengan nilai total US$ 280 juta. Kami berharap angka perdagangan dan investasi akan terus meningkat..” Kata Luhut B Panjaitan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan lebih lanjut menjelaskan, Indonesia dan Jerman juga menjalin kerja sama di pendidikan vokasi dan energi berkelanjutan, serta kerjasama maritim yang sangat signifikan. VOI/AHM

Read 590 times Last modified on Sunday, 06 October 2019 08:18