23
July

 

VOinews.id, Washington:Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dirinya menghormati keputusan Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk tidak mencalonkan diri kembali dan menyampaikan terima kasih atas dukungannya terhadap Kiev. "Banyak keputusan telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir, dan keputusan tersebut akan dikenang sebagai langkah berani yang diambil Presiden Biden dalam merespons masa-masa sulit. Dan kami menghormati keputusan yang sulit namun tegas hari ini," kata Zelenskyy di X. Pernyataannya disampaikan setelah Biden mengumumkan penarikan dirinya dari pemilu presiden 2024 dan dukungannya kepada wakil presidennya, Kamala Harris, untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

 

"Ukraina berterima kasih kepada Presiden Biden atas dukungannya yang teguh terhadap perjuangan Ukraina untuk meraih kebebasan, yang, bersama dengan dukungan bipartisan yang kuat di AS, telah dan terus menjadi hal penting," kata Zelenskyy. Biden mendukung Ukraina selama "momen paling dramatis dalam sejarah," serta membantu Kiev dalam mencegah Presiden Rusia Vladimir Putin "menduduki negara kami," tambahnya. Pencalonan Biden menjadi sorotan setelah penampilannya yang buruk saat melawan mantan Presiden Donald Trump dalam debat presiden pada akhir bulan lalu.

 

Di tengah tekanan yang terus meningkat yang dia hadapi, Biden (81), mengatakan dalam sebuah surat bahwa menjabat sebagai presiden merupakan "kehormatan terbesar" dalam hidupnya. "Meski sudah menjadi niat saya untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin demi kepentingan terbaik partai saya dan negara, saya harus mengundurkan diri dan fokus pada pemenuhan tugas saya sebagai presiden selama sisa masa jabatan saya," kata Biden.

 

Sumber: Anadolu

22
July

 

VOInews.id, Moskow:Keputusan Presiden AS saat ini, Joe Biden, untuk tidak mencalonkan diri pada masa jabatan kedua tidak dilatarbelakangi oleh masalah medis apa pun, demikian laporan CNN pada Senin, mengutip seorang pejabat senior Gedung Putih yang tidak disebutkan namanya. Pada Rabu (17/7), Gedung Putih mengumumkan bahwa Biden dinyatakan positif COVID-19 meskipun telah divaksinasi dan menerima booster. Pemerintah menambahkan bahwa Biden melakukan isolasi mandiri di rumahnya di Delaware. Namun pada saat bersamaan, saudara laki-laki Biden, Frank, kepada CBS News menyatakan pendapatnya bahwa, kesehatan pasti berperan dalam keputusan mundurnya Biden dari pencalonan presiden periode kedua.

 

Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Minggu mengumumkan mundur sebagai calon presiden dari Partai Demokrat untuk pemilihan presiden Amerika Serikat 2024. "Saya telah memutuskan untuk tidak menerima nominasi tersebut dan memfokuskan seluruh energi saya kepada tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya," kata Biden lewat kanal media sosial X resminya. Biden mengumumkan dukungannya untuk Kamala Harris yang akan menggantikannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat. "Hari ini saya ingin memberikan dukungan sepenuhnya agar Kamala menjadi calon partai kita tahun ini," ucap Biden dalam pesannya pada X itu. Menurut Biden, mendukung Harris (59) yang merupakan wakil presiden Amerika Serikat adalah keputusan terbaik yang pernah diambilnya.

 

Sumber : Sputnik

22
July

 

VOinews.id, Tokyo:Pemerintah Jepang akan terus bekerja sama erat dengan Amerika Serikat (AS) terlepas dari hasil pemilihan presiden pada bulan November mendatang, kata Sekretaris Kabinet Jepang Yoshimasa Hayashi pada Senin. "Yang penting adalah, terlepas dari hasil pemilihan presiden AS mendatang, kami akan bekerja sama erat dengan pemerintah AS, melakukan koordinasi yang diperlukan untuk menanggapi situasi apa pun yang mungkin terjadi di masa depan," kata Hayashi dalam sebuah keterangan singkat. Hayashi menyatakan hal itu menanggapi kemungkinan adanya dampak dari keputusan Presiden AS saat ini Joe Biden yang mundur dari pemilihan presiden AS.

 

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida telah mengatakan bahwa Tokyo akan memantau perkembangan dengan cermat, menambahkan bahwa kerja sama Tokyo-Washington adalah "pondasi" keamanan Jepang. Pada Minggu (21/7), Biden mengatakan bahwa dia akan mundur dari pemilihan presiden dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai calon presiden dari Partai Demokrat. Calon presiden dari Partai Republik dan mantan Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa akan lebih mudah baginya untuk mengalahkan Harris daripada Biden. Pemilihan presiden AS dijadwalkan pada 5 November.

 

Antara

19
July

 

VOInews, London:Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tiba di Inggris, Kamis, untuk berpartisipasi dalam KTT Komunitas Politik Eropa ke-4, di mana para pemimpin dari seluruh kawasan Eropa akan berkumpul untuk membahas masalah dan tantangan bersama yang mendesak. Kunjungan Zelenskyy ditandai dengan agenda yang padat, termasuk serangkaian pertemuan bilateral tingkat tinggi dengan mitra-mitra utama dan penandatanganan perjanjian keamanan baru yang signifikan.

 

Sebagai bagian dari program terfokus untuk meningkatkan hubungan Ukraina-Inggris, Zelenskyy akan bertemu Raja Charles dan Perdana Menteri Inggris Keir Starmer. Dia juga akan bertemu dengan pejabat senior pemerintah dan eksekutif puncak perusahaan pertahanan. Sorotan utama dari kunjungan Zelenskyy adalah penandatanganan perjanjian antar pemerintah yang bertujuan mendukung kompleks pertahanan dan industri Ukraina. Dalam sambutannya di platform X, Zelenskyy menggarisbawahi peran yang dimainkan Inggris sejak perang Rusia melawan Ukraina pada Februari 2022.

 

"Sejak hari-hari pertama invasi besar-besaran, Inggris telah selangkah lebih maju dalam tekadnya untuk mendukung Ukraina. Ini adalah tekad yang kita perlukan untuk menghentikan teror Rusia," kata Zelenskyy, sambil mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan teguh Inggris. KTT Komunitas Politik Eropa (EPC) memulai pertemuan puncak keempatnya di Inggris pada Kamis, menghadirkan para pemimpin dari sekitar 45 negara Eropa ke Istana Blenheim.

 

Agenda KTT mencakup diskusi penting mengenai Ukraina, energi, perlindungan demokrasi dan migrasi tidak teratur. Istana Blenheim, tempat kelahiran mantan perdana menteri Inggris Winston Churchill, berjarak sekitar 100 km dari London akan menjadi tempat bersejarah untuk pertemuan tersebut. PM Inggris Starmer menjadi tuan rumah pertemuan internasional pertamanya sejak menjabat pada 6 Juli, dan akan bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Irlandia Simon Harris di sela-sela KTT. Raja Charles juga akan berpartisipasi dengan mengadakan resepsi bagi para peserta KTT.

 

Sumber: Anadolu

Page 1 of 1180