30
January

 

(voinews.id)Turki mengeluarkan travel warning alias peringatan perjalanan ke Amerika Serikat dan Eropa pada Sabtu (28.1). Travel Warning dikeluarkan Turki tampaknya sebagai pembalasan terhadap Amerika Serikat dan Eropa. sebagaimana dilansir AFP Minggu (29.1). Pasalnya Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa sebelumnya memperingatkan warganya untuk tidak menghadiri acara massal dan menghindari kawasan wisata di Turki.

Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa memperingatkan warganya di tengah ketegangan diplomatik karena Turki masih menolak mengizinkan Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO. Finlandia dan Swedia sebelumnya secara resmi mendaftarkan diri menjadi anggota NATO setelah Rusia menginvasi Ukraina. Untuk dapat bergabung ke dalam NATO, semua anggota tanpa terkecuali harus menyetujuinya.. Turki adalah anggota NATO. (kompas)

30
January

 

(voinews.id) Sedikitnya 40 orang tewas ketika bus jatuh dari jembatan di barat daya Pakistan dan terbakar kata pejabat pemerintah pada Minggu (29.1). "Jenazah tidak bisa dikenali." kata Hamza Anjum pejabat senior distrik Lasbela di provinsi Balochistan. lokasi kecelakaan bus terjadi dikutip dari kantor berita AFP.

Anjum menambahkan tiga korban telah diselamatkan. Bus tersebut dilaporkan membawa 48 penumpang ketika menabrak tiang di jembatan dan berbelok keluar jalur pada Minggu pagi Bus itu melakukan perjalanan semalam antara ibu kota Provinsi Balochistan di Quetta dan kota pelabuhan Karachi. Penyebab kecelakaan masih diselidiki. (kompas)

30
January

 

(voinews.id) Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg tiba di Seoul, Korea Selatan Minggu. Korea Selatan menjadi negara pertama yang dia kunjungi dalam lawatan ke Asia untuk memperkuat hubungan aliansi pertahanan itu dengan para sekutu Amerika Serikat.

Dilansir Reuters kunjungan itu dilakukan di tengah ketegangan dunia yang meningkat akibat perang Rusia-Ukraina dan persaingan AS beserta sekutunya di Asia yang makin tajam dengan Tiongkok. Di Seoul. Stoltenberg bertemu dengan Menteri Luar Negeri Park Jin. Menteri Pertahanan Nasional Lee Jong-Sup dan para pejabat senior lainnya. Dia juga dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Yoon Suk-yeol menurut Kantor Presiden Korsel. (antara)

30
January

 

(voinews.id) Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom pada Sabtu (28.1) menyatakan proses permohonan negara tersebut untuk menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization.NATO) telah dihentikan sementara. Demikian dilansir media setempat dikutip kantor berita Xinhua. Swedia mengalami kemunduran besar dalam proses permohonannya untuk menjadi anggota NATO setelah aksi unjuk rasa sebelumnya pada bulan ini di Stockholm melibatkan penggantungan boneka presiden Turki dan pembakaran kitab suci Al-Qur'an.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memperingatkan Swedia agar tidak mengharapkan dukungan dari Ankara untuk bergabung dengan NATO setelah kejadian tersebut. Pertemuan antara Turki, Swedia dan Finlandia yang sedianya digelar pada Februari juga telah ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. (antara)

Page 1 of 987