Sunday, 06 October 2019 08:50

Indonesia dan India Perlu Tingkatkan Kerjasama Demi Pertumbuhan Ekonomi Yang Lebih Cepat

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
foto : VOI foto : VOI

 

Tahun 2018, Indonesia dan India menjadi negara G20 yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dengan tingkat pertumbuhan masing-masing 5,8 persen dan 5,02 persen. Namun, capaian tersebut masih belum cukup karena seharusnya pertumbuhan ekonomi kedua negara bisa lebih cepat, karena kedua negara memiliki jumlah penduduk yang besar. Hal tersebut disampaikan Jimmy M Rifai Gani, penasehat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI dalam sambutannya mewakili Menteri di perayaan Hari Alumni Kerjasama Teknis dan Ekonomi India (Indian Technical and Economic Cooperation – ITEC) di Jakarta, Sabtu (5/10). Jimmy menambahkan, kerjasama Indonesia dan India perlu ditingkatkan karena penduduk kedua negara masih berada di bawah garis kemiskinan.

“ Dan (pertumbuhan ekonomi) India mencapai 5,8%, Indonesia mencapai 5,02%. Tapi tentu saja, kami tidak senang dengan ini. Karena kita tahu bahwa Indonesia dan India perlu tumbuh lebih cepat karena kita memiliki penduduk yang besar. India nomor 2. Indonesia nomor 4 negara terpadat di dunia dan kami masih memiliki penduduk yang kurang beruntung dan hidup di bawah kemiskinan. Saya percaya kerjasama sangat dibutuhkan. Dan dengan dikirimnya orang-orang kami (Indonesia) ke India, saya percaya itu akan mempercepat transfer pengetahuan antara kedua negara “.  

Indian Technical and Economic Cooperation-ITEC adalah program beasiswa yang diselenggarakan pemerintah India selama hampir 7 dekade. Di bawah Kerjasama ITEC, pemerintah India menawarkan beasiswa khusus yang didanai secara penuh ataupun sebagian. (VOI)

Read 630 times