Friday, 23 February 2018 07:09

Menteri Luar Negeri RI Akan Temui Kontingen Garuda di Libanon

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan mengadakan kunjungan ke Libanon pada tanggal 24 Februari mendatang. Kunjungan tersebut secara khusus dilakukan untuk menemui Pasukan Indonesia yang bertugas sebagai Kontingen Garuda yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB, United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL). Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kementerian Luar Negeri RI, Grata Endah Werdaningtyas dalam konferensi persnya di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (22/2).

“ Ibu Menteri direncanakan akan berangkat pada tanggal 24 Insya Allah dan akan tiba tanggal 25 pagi hari di Libanon. Kunjungan Ibu Menteri akan difokuskan untuk mengunjungi UNIFIL akan difokuskan di dua area, mengingat pasukan kita sebarannya ada di dua. Satu batalyon infanteri yang bekerja di Indobatt yang di daerah yang namanya Adit Alqusayr dan ke lokasi di bawah Maritime Task Force di Port of Beirut “.

Grata menambahkan kunjungan Menteri Luar Negeri Indonesia ke Lebanon merupakan bentuk apresiasinya terhadap pasukan Indonesia yang tergabung dalam UNIFIL. Dalam kunjungannya Menteri Luar Negeri akan mengadakan serangkaian diskusi dan dialog dengan personel pasukan Indonesia, untuk mengetahui lebih jauh tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh Kontingen Garuda. Grata juga berpendapat kunjungan Menlu Retno ke UNIFIL memiliki nilai tersendiri bagi Indonesia. Pertama, kunjungan ini menunjukkan komitmen dan dukungan Indonesia terhadap upaya perdamaian di Lebanon. Selain itu, kunjungan ini akan memiliki dampak positif bagi Indonesia berkaitan dengan pencalonannya sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB peridode 2019-2020. (voi/Rezha)

Read 986 times Last modified on Friday, 23 February 2018 07:15