Friday, 23 February 2018 08:08

Arsip Digital Merupakan Salah Satu Cara Untuk Melindungi Warisan Budaya ASEAN.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Dalam memperingati 45 tahun Persahabatan dan Kerjasama ASEAN-Jepang, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menggelar Seminar on Cultural Heritage Digital Archieve di ASEAN Secretariat di Jakarta Kamis (22/2). Seminar ini dibawakan oleh Prof. Dr. Ari Ide dari Kyoto University dan dibuka oleh Wakil Sekjen ASEAN untuk urusan masyarakat dan perusahaan, Dr. AKP Mochtan. Dalam sambutannya Mochtan mengungkapkan gagasan dari seminar ini adalah untuk melindungi serta mempromosikan semua warisan kebudayaan negara ASEAN melalui digitalisasi warisan.

Beberapa dari warisan sangatlah genting dan mungkin terancam punah akibat urbanisasi yang cepat, perdagangan ilegal, bencana yang disebabkan ulah manusia atau bencana alam. Jika ini terjadi, Arsip Digital mungkin merupakan satu-satunya yang dapat bertahan melewati ujian waktu dan perkembangan jaman yang keras dan tanpa kompromi. Digitalisasi warisan budaya adalah upaya yang keras untuk memastikan peninggalan ini akan bertahan dari generasi ke generasi.  

Dr. Mochtan menambahkan, digitalisasi aset budaya dengan menggunakan teknologi digital sangat signifikan dalam membantu penelitian dan kajian-kajian menjadi lebih baik. (voi/egi)

Read 917 times