Friday, 09 March 2018 08:57

Perkuat Hubungan Bilateral, Utusan Khusus Presiden RI bertemu Presiden Seychelles

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Utusan Khusus (Utsus) Presiden RI, Dr. N. Hassan Wirajuda, telah melakukan pertemuan dengan Presiden dan Wakil Presiden Seychelles (5/3). Menteri Luar Negeri RI 2001-2009 tersebut juga telah diterima oleh Menteri Keuangan, Perdagangan, dan Perencanaan Ekonomi, Menteri Investasi, Industri, dan Pengembangan Kewirausahawan serta Secretary of State for Foreign Affairs

Utsus Presiden RI dan Presiden Seychelles membahas sejumlah isu yang menjadi perhatian Indonesia dan Seychelles dalam upaya peningkatan hubungan bilateral. Dalam pertemuan di State House tersebut, isu yang mengemuka di antaranya kerja sama ekonomi, infrastruktur, dan pelatihan capacity building

Presiden Seychelles mengapresiasi kedekatan antara Indonesia dan Seychelles yang sudah terjalin baik selama ini dalam konteks bilateral maupun dalam berbagai forum internasional. 

Senada dengan itu, Wakil Presiden Seychelles menggarisbawahi potensi kerja sama di bidang perdagangan, perikanan, pemberantasan narkoba dan rehabilitasi pengguna narkoba serta pembangunan infrastruktur. Pertemuan juga membahas penguatan kerja sama dalam konteks IORA. 

Dalam pertemuan terpisah, Menteri Keuangan, Perdagangan, dan Perencanaan Ekonomi dan Menteri Investasi, Industri dan Pengembangan Kewirausahaan menekankan pada potensi kerja sama bagi pelaku UMKM meningat sebagian besar bisnis di Seychelles merupakan UMKM. Sementara itu, Secretary of State for Foreign Affairs berharap kedua negara dapat memperkuat dan memperluas kerja sama termasuk di bidang penerbangan dan sumber daya mineral. 

Terkait pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020, Pemerintah Seychelles menilai kedekatan Indonesia dan Seychelles akan membawa dampak positif bagi peluang Indonesia. (Kemlu)

Read 721 times