Tuesday, 13 March 2018 13:53

China International Import Expo Jadi Peluang Baik Untuk Tingkatkan Ekspor

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Indonesia akan berpartisipasi pada China International Import Expo 2018 yang diselenggarakan di Shanghai pada 5 hingga 10 November 2018. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Arlinda mengatakan, China merupakan mitra dagang utama Indonesia dengan total perdagangan 58 miliar Dolar Amerika. China merupakan market ekspor dan impor terbesar untuk Indonesia. Saat ini, Indonesia masih mengalami defisit perdagangan dengan China sebesar 14,1 miliar Dolar Amerika. Untuk itu, Indonesia akan semakin meningkatkan promosi dagang salah satunya melalui China International Import Expo. Kepada Media, di Kementerian Perdagangan pada Selasa (13/3) ia menjelaskan, pameran ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh pemerintah China. Pemerintah China mengundang lebih dari 200 negara dan 150 ribu buyers untuk berpartisipasi. Pada pameran ini, Indonesia merupakan satu dari empat negara yang mendapatkan pavilion secara gratis. Menurut Arlinda, ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk Indonesia untuk mempromosikan produk-produk potensial Indonesia. 

“ Tapi ini artinya merupakan peluang yang bagus buat kita untuk bisa mengurangi defisit tersebut. Jadi kita berusaha untuk bisa berpartisipasi dan tadi kita berkolaborasi dengan temen-temen KADIN Indonesia dan Persatuan Pengusaha Tiongkok Indonesia dan kita sudah book sekitar 1000 meter “. 

Arlinda lebih lanjut menjelaskan, setelah ikut berpartisipasi, produk-produk andalan Indonesia akan dipromosikan melalui website Expo tersebut. Kementerian Perdagangan saat ini masih membahas, produk-produk apa saja yang akan ditampilkan di Pavilion Indonesia. Pameran produk Indonesia akan dibagi menjadi tiga zona yaitu zona pertanian, consumer goods dan pariwisata. Arlinda meminta kepada pihak penyelenggara agar paviliun Indonesia terletak di lokasi yang strategis. Kementerian Perdagangan akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk turut berpartisipasi dalam menampilkan produk unggulan Indonesia. Produk unggulan yang akan dipamerkan diantaranya adalah kopi, sawit, karet, dan otomotif. (voi/sekar/edit r)

Read 576 times Last modified on Tuesday, 13 March 2018 13:54