Tuesday, 20 March 2018 10:05

Kemlu Panggil Dubes Saudi Terkait Eksekusi WNI

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pemerintah Indonesia telah memanggil Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Muhammad Abdullah guna memprotes eksekusi yang dilakukan terhadap Buruh Migran Indonesia (BMI), Zaini Misrin, pada Minggu, 18 Maret di Mekkah, Saudi Arabia. Pemanggilan tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (RI), Desra Percaya. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perlindungan Warga Negara Indonesia – Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI), Lalu Muhammad Iqbal dalam konferensi persnya di Jakarta, Senin, 19 Maret.

“ Pemerintah Indonesia sudah menyampaikan protes resmi dan meminta penjelasan atas kejadian ini. Baru tadi siang, Direktur Jenderal Aspasaf memanggil Duta Besar Arab Saudi di Jakarta. Satu menyampaikan keprihatinan dan protes terhadap eksekusi yang dilakukan tanpa notifikasi dan dilakukan dengan mengesampingkan fakta bahwa proses PK baru berjalan. Yang kedua juga sekaligus menyerahkan surat nota resmi yang menyampaikan proses tersebut “.

Nota protes, menurut Lalu Muhammad Iqbal, juga diserahkan kepada Kementerian Luar Negeri Arab Saudi melalui Duta Besar RI di Riyadh, Agus Maftuh Abegebriel pada Selasa, 20 Maret. Menurutnya, Pemerintah Indonesia sama sekali tidak memperoleh notifikasi resmi sebelum eksekusi. Padahal, kasus tersebut masih dalam proses Peninjauan Kembali (PK). Pengacara Zaini Misrin sendiri sudah mengajukan PK kedua sejak Januari 2018. Permohonan permohonan PK pertama yang sebelumnya diajukan pada awal 2017 telah ditolak oleh Pemerintah Arab Saudi. (Rezha)

Read 578 times Last modified on Tuesday, 20 March 2018 13:37