Thursday, 22 March 2018 09:39

Menlu RI dan Menlu Singapura Meresmikan Nongsa Digital Park di Riau

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, bersama Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan meresmikan Nongsa Digital Park, di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (20/3).

“Kerja sama pengembangan Nongsa Digital Park (NDP) di Batam ini merupakan salah satu hasil konkret implementasi visi Presiden RI dan PM Singapura yang dicanangkan pada bulan September 2017 di Singapura," ujar Menlu Retno.

NDP akan dikembangkan menjadi sebuah ekosistem yang kondusif bagi para pelaku digital economy untuk menumbuhkan budaya inovasi. Menlu Rento juga menegaskan harapannya supaya NDP dapat menjadi model bagi pengembangan area digital di kota-kota lainnya di Indonesia.

Menlu Retno menekankan 4 poin utama yang tercermin dalam pengembangan Nongsa Digital Park ini yang perlu digarisbawahi dalam pengembangan digital economy Indonesia ke depan yaitu perluasan akses internet, akses permodalan, akses ke para pemuda bertalenta, dan kerja sama internasional dan investasi.

Pemerintah Indonesia terus memperluas jaringan internet Indonesia untuk memungkinkan semakin banyak rakyat Indonesia menjadi bagian dari proses transformasi ekonomi digital.

Dari 9 blok yang akan dibangun di Nongsa Digital Park, telah dibangun 3 gedung dan saat ini telah terisi dengan perusahaan-perusahaan asing dan lokal yang berbasis digital. Potensi tenaga kerja yang terserap sekitar 1500 dengan potensi investasi sebesar 500 juta dollar AS.

Selain Menlu Retno, Menlu Vivian, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Kepala BP Batam, perwakilan dari berbagai instansi pemerintah, serta lebih dari 200 kalangan bisnis asing juga hadir dalam acara peresmian tersebut.

Seusai acara peresmian, Menlu Retno dan Menlu Vivian bertemu dengan 65 guru dan dosen dari berbagai kota di Indonesia yang tengah mengikuti Digital Skill Program di fasilitas Nongsa. Program tersebut merupakan hasil kerja sama Kementerian Ristek Dikti, Singapore Polytechnic, dan Temasek Foundation. Kedua Menlu juga berdialog dengan perwakilan perusahaan-perusahaan yang telah mulai beroperasi di Nongsa Digital Park.

Di sela-sela acara peresmian Nongsa Digital Park, Menlu Retno juga mengunjungi Infinite Studio dan bertemu dengan lebih dari 200 staf Infinite Studio yang sebagian besar merupakan lulusan SMK dan Diiploma. Berkat karya mereka, Infinite Studio bekerja sama dengan sejumlah perusahaan film Amerika dan Inggris telah menghasilkan karya-karya film dan animasi seperti film animasi Garfield dan Sing the Dawn, film layer lebar Beyond the Skyline. (Kemlu)​

Read 731 times