Friday, 23 March 2018 10:34

Produk Nugget Ayam Indonesia Berhasil Tembus Pasar Negeri Sakura

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukitamelepas ekspor perdana nugget ayam ke Jepang, hasil produksi PT Belfoods Indonesia. Ekspor perdana sebanyak6.000 kilogram nugget ayam  dalam satu kontainer ini, berhasil menembus pasar Negeri Sakura, setelah melalui proses yang cukup panjang sejak tahun 2014.

“Ini prestasi yang harus diapresiasi, karena untuk menembus pasar Jepang tidak mudah.Jepang memberlakukan aturan yang ketat bagi produk  di dalam negeri sendirinya maupun dari luar negeri, terkait kesehatan,”kata Enggartiasto saat pelepasan ekspor perdana nugget ayam di pabrik Belfoods, Jonggol, Jawa Barat, Kamis (23/3/2018).

Ekspor perdana nugget ayam ke Jepang ini,ujar Enggar, turut berkontribusi dalam meningkatkan devisa ekspor nasional Indonesia. Selain itu menjadi awal yang baik untuk mulai memajukan industri ayam olahan Indonesia ke pasar internasional.

“Jika produk nugget ayam Indonesia sudah berhasil masuk Jepang,  seharusnya akan lebih mudah untuk masuk ke negara lain,” tukas Enggar.

Jepang memiliki potensi pasar yang besar untuk produk makanan olahan. Konsumsi produk makanan olahan berbasis unggas di Jepang  nilainya mencapai USD 2 miliar per tahun.Pasar Jepang tersebut saat ini masih didominasi produk dari Cina dan Thailand.

“Yang terpenting sekarang, kita akan memantau, supaya ekspor ini bisa berkelanjutan, Apalagi  pada tahun 2020 mendatang Tokyo terpilih sebagai tuan rumah olimpiade, yang memicu peningkatan kunjungan ke Jepang dalam dua tahun terakhir,”paparEnggar.

Sementara itu, CEO PT Sierad Produce Tbk,perusahaan yang membawahi PT Belfoods Indonesia,Tommy Wattimenaoptimisproduk nugget ayam Belfoods dapat diterima konsumen Jepang, karena sudah melakukan tes pasar di Jepang.

“Kami akan tetap fokus pada pasar dalam negeri, dan akan terus mempertahankan kualitas mutu sesuai standar ekspor, sehingga pasar ekspor bisa berkembang pesat,” tukas Tommy. (Kbrn)

Read 863 times