Wednesday, 06 June 2018 12:53

Mesir Dukung pencalonan Indonesia Untuk Anggota Tidak Tetap DK PBB

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

Mesir dipastikan akan mendukung Indonesia dalam pemilihan anggota tidak tetap dewan keamanan PBB periode 2019-2010. Kepastian dukungan Mesir disampaikan Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy.

Helmy mengungkapkan, Pemerintah Mesir telah memberikan dukungan secara tertulis atas dukungannya terhadap Indonesia dalam pencalonannya sebagai anggota tidak tetap Dewan Kemanan PBB. Dukungan dari Pemerintah Mesir ditandatangani langsung oleh Presiden Mesir, Abduel Fattah el Sisi. Helmy mengatakan, dukungan dari Pemerintah Mesir merupakan modal yang cukup berarti bagi Indonesia untuk dapat bersaing dengan Maladewa pada pemilihan anggota tidak tetap Dewan Kemanan PBB. Dirinya optimis Indonesia dapat terpilih saat pemilihan yang akan berlangsung pada tanggal 8 Juni 2018 di Markas Besar PBB di New York.

 

‘’Pencalon Indonesia untuk menjadi anggota tidak tetap dewan keamanan PBB, Saya yakin sekali Indonesia akan memenangkan pencalonan ini. Dan perlu kami disampaikan bahwa Dukungan dari Pemerintah Mesir telah disampaikan secara tertulis langsung oleh Presiden Abdel Fattah el Sisi, bahwa mesir akan mendukung pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB di tahun ini.

 

Dukungan Mesir terhadap Indonesia memiliki arti penting dalam hubungan kedua negara khususnya dalam upaya penyelesaian konflik Israel-Palestina dimana baik Indonesia dan Mesir memiliki sikap, komitmen yang tegas dan jelas dalam masalah Palestina. Sebagaimana diketahui, lima negara akan mengakhiri masatugas sebagai anggota tidak tetap Dewan Kemanan PBB pada tahun ini, masing-masing Bolivia, Kazakhstan, Belanda, Ethiopia dan Swedia. Indonesia bersaing dengan Maladewa untuk mengincar kursi yang ditinggalkan dari lima negara tersebut dalam pemilihan yang akan digelar Jumat nanti.

Read 615 times Last modified on Thursday, 07 June 2018 09:57