Sunday, 10 June 2018 12:43

Indonesia Intensifkan Sinergitas Dengan Mesir Untuk Melawan Terorisme

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Indonesia akan meningkatkan sinergitas dengan Mesir pascaterpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa periode 2019-2020. Duta Besar Republik Indonesia Untuk Mesir, Helmy Fauzy, mengungkapkan, sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesia dapat lebih proaktif dalam isu global, seperti penyelesaian konflik, kemanusiaan, dan terorisme. Ia berharap, Indonesia dapat berperan banyak untuk mencegah berkembangnya paham radikalisme dan ekstrimisme. Helmy Fauzy di Kairo, Sabtu (9/6) waktu setempat mengatakan, dalam konteks hubungan Indonesia-Mesir, kedua negara sepakat untuk menempatkan isu melawan paham radikal dan terorisme sebagai masalah yang harus ditanggulangi bersama.

‘’Sudah barangtentu selama ini kita mempunyai hubungan baik dengan Mesir. Dan Mesir juga mendukung pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Di masa mendatang saya yakin akan banyak sekali kerja sama-kerja sama antara Indonesia-Mesir dalam mensinergikan upaya bersama untuk mengantisipasi melawan narasi-narasi radikal yang selama ini telah membajak agama. Saat ini juga telah ada memorandum of understanding antara BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) dengan pihak Mesir untuk lebih menjalin kerja sama dalam tukar menukar informasi dan upaya-upaya lainnya dalam rangka counter terorisme.

Menurut Helmy Fauzy, terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB merupakan pengakuan dunia atas kiprah Indonesia selama ini sebagai the true partner for peace dalam menjaga perdamaian dunia. Indonesia juga diyakini dapat lebih berperan memajukan perdamaian dunia dengan mengambil inisiatif perdamaian konflik yang telah lama berlarut, seperti masalah Palestina. Rian A.

Read 638 times Last modified on Sunday, 10 June 2018 22:13