Saturday, 18 December 2021 07:52

KBRI Panama City Jajaki Kerja sama Sister City Dengan Kota Chitre

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Voinews/KBRI Panama Voinews/KBRI Panama

 

(Voinews.id)Sebagai bagian dari upaya program pro-aktif meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Panama, KBRI Panama City melakukan blusukan guna melakukan penjajakan kota kembar (sister city) dengan pihak-pihak terkait di Panama. Dalam kaitan ini, pada tanggal 15 Desember 2021, dalam kapasitas mewakili Duta Besar RI, Counsellor Protokol dan Konsuler, Rheinhard Sinaga, yang didampingi oleh Dr. Ronel Solis, Dekan Fakultas Hukum Universidad de Panama di Chitré, telah bertemu dengan Walikota Chitré Juan Carlos Huerta Solis dan Wakil Walikota Chitré, Alba Yamisel Osorio Rodríguez, di Balai Kota Chitré.

Kota Chitré adalah ibukota Provinsi Herrera yang berpenduduk 80.000 orang dan dikenal sebagai kota pendidikan dan pariwisata. Setidaknya, ada tiga Univeritas terkenal di Panama yang memiliki kampus di Chitré, yakni Universidad de Panama (Universitas Panama), Universidad Latina de Panamá (Universitas Latin Panama), dan Columbus University (yang didirikan oleh Kementerian Pendidikan Panama). Kota Chitré juga terkenal dengan karnaval (Carnaval de Chitré) budaya yang menjadi tujuan wisata turis mancanegara. Sebagai informasi, di Chitré terdapat juga Hotel yang dimiliki oleh WNI yang tinggal di Chitré, Ida Ayu Sukmayuni Puspaka, yang didirikan sejak September 2008 dan bernama “Hotel Bali”.

“Pertemuan ini dimaksudkan untuk segera merealisasikan gagasan kerja sama yang sudah pernah dijajaki sebelumnya di awal tahun 2021 dengan Pemerintah Kota Chitré. yang sangat potensial memiliki sister city dengan Kota di Indonesia yang juga memiliki karakter yang sama. Pembicaraan kami lebih teknis untuk segera memulai proses kerja sama ini untuk meningkatkan potensi kerja sama ekonomi, sosial, dan budaya antar kota di Indonesia dan Panama”, jelas Rheinhard Sinaga.

Dalam pertemuan dengan Walikota dan Wakil Walikota Chitré, Counsellor KBRI Panama City juga membahas agenda kegiatan promosi yang rencananya akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Chitré tahun 2022 untuk dapat dikerjasamakan dengan KBRI Panama City.

“Saya mengapresiasi keseriusan pihak KBRI Panama City dan menyambut baik rencana kerja sama sister city ini dan kami akan segera menindaklanjuti rencana ini dengan lembaga-lembaga terkait di Chitré, antara lain, Biro Hukum Kota Chitré. Saya yakin kerja sama ini dapat dilakukan sesegera mungkin karena semua prosesnya dilakukan secara internal”, kata Walikota Chitré, Juan Carlos Huerta Solis.

Dalam kunjungan ke Chitré, Counsellor KBRI Panama City juga sempat bertemu secara informal dengan Wakil Gubernur Provinsi Los Santos, Hermes Espino, dan membahas kemungkinan kerja sama untuk pengembangan people-to-people-contact antara KBRI Panama City dengan Pemerintah Provinsi Los Santos, Provinsi yang bertetangga dengan Provinsi Herrera. Wakil Gubernur juga tertarik untuk mengadakan Indonesian Day dan mempromosikan Indonesia secara budaya di Las Tablas, Ibu Kota Provinsi Los Santos, mengingat Provinsi Los Santos sangat kuat dalam pariwisata budayanya.

“Sebagai perkenalan akan Provinsi Los Santos, saya mau mengundang pak Duta Besar dan KBRI Panama City untuk hadir dalam acara besar budaya kami yakni Desfile de las Mil Polleras (parade pakaian tradisional Panama) pada tanggal 15 Januari 2022. Ini merupakan parade kebanggaan Provinsi Los Santos”, kata Hermes Espino.

Sebelumnya, pada tanggal 14 Desember 2021, Counsellor Protkons juga telah melakukan pertemuan dengan pemilik Hotel Bali dan dua WNI lainnya yang tinggal di Chitré untuk menjajaki kemungkinan menjadi perwakilan perusahaan dari produk-produk Indonesia untuk dipasarkan di Chitré. Selain itu, Counsellor Protkons juga memberikan diseminasi untuk update kebijakan Pemerintah RI terkait keimigrasian dan kekonsuleran bagi WNI. Dalam kesempatan yang sama, Counsellor Protkons juga menyerahkan bantuan paket vitamin kepada tiga WNI di Chitré. VOI/KBRI PANAMA

Read 275 times Last modified on Saturday, 18 December 2021 07:57