Wednesday, 08 August 2018 13:00

35 Perusahaan BUMN Patungan Instalasi Listrik Untuk Rumah Tangga Tidak Mampu

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Sebanyak 35 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sepakat mengadakan patungan dana untuk membiayai instalasi listrik dengan daya 450 Volt Ampere (VA) bagi rumah tangga tidak mampu di Jawa Barat dan Banten. Dana yang berhasil terkumpul sebesar Rp. 360 miliar dan 50 persen diantaranya bersumber dari PT. Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero). Menteri BUMN Rini Soemarno dalam sambutannya di acara penandatanganan kesepakatan 35 perusahaan BUMN di Jakarta,  Selasa, 8 Agustus 2018 mengatakan sebanyak 317.000 keluarga di Jawa Barat masih belum menikmati aliran listrik akibat tidak mampu membayar biaya instalasi. Menurut Rini, tidak sedikit juga diantara mereka yang terpaksa menumpang aliran listrik dari tetangganya dan membayar Rp. 30.000 per bulan untuk satu buah lampu.

‘’Tenyata 317.000 Pak Menteri yang belum tersambung dan itu data dari TNP2K yang mengatakan bahwa masyarakat berpendapatan rendah untuk masyarakat tidak mampu itu ada 317.000. Dan setelah di cross-check memang betul mereka belum ada sambungan listrik, apa namanya kebanyakan yang nebeng tetangga. Seperti yang tadi dilaporkan bayarannya itu per Rp. 30.000 hanya untuk satu lampu. Padahal kalau tadi kita sudah ditayangkan, kalau sudah sambung sendiri itu bisa punya beberapa lampu ditambah TV Cuma mungkin biaya bulanannya nggak sampai Rp. 25 ribu. Jadi mungkin ini menurut saya kalau kita mau menekankan keadilan dan Bapak Presiden terus – menerus mengingatkan kepada kita semua, kesetaraan, keadilan itu harus menjadi hal nomor satu yang kita lakukan.

Menteri Rini menambahkan, jumlah rumah tangga tidak mampu yang belum mendapatkan aliran listrik apabila ditambah dengan wilayah Banten menurut Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) jumlahnya bisa mencapai 360.000 keluarga. Sebagian besar diantaranya menurut Menteri Rini mengaku tidak mampu membayar biaya instalasi yang mencapai Rp 900 ribu-1,1 juta untuk satu unit rumah. Ia menargetkan pada Maret 2019, seluruh rumah tangga tidak mampu di wilayah Jawa Barat, Banten, dan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta sepenuhnya mendapatkan aliran listrik dari PT. PLN melalui program patungan dana ini. VOI/Rezha

Read 587 times Last modified on Wednesday, 08 August 2018 13:21