Friday, 08 December 2023 07:26

Pakar PBB desak Israel berhenti serang fasilitas kesehatan di Gaza

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews.id- Pelapor khusus PBB untuk hak atas kesehatan Tlaleng Mofokeng mendesak diakhirinya "perang terus-menerus" Israel terhadap sistem layanan kesehatan di Gaza. Dia menyebut serangan Israel terhadap fasilitas kesehatan di Gaza sebagai "masa tergelap bagi hak atas kesehatan dalam hidup kita."

 

Mengenai serangan udara yang menghantam rumah-rumah sakit dalam beberapa pekan terakhir, Mofokeng mengatakan bahwa pasukan Israel dilaporkan menyerang sekitar rumah sakit Kamal Adwan di Gaza utara beberapa kali pada pekan ini saja.

 

“Praktik kedokteran sedang diserang. Sebagai seorang dokter yang berpraktik, saya tidak dapat membayangkan apa yang dialami rekan-rekan saya di Gaza. Mereka bekerja sementara rekan-rekan mereka dan orang-orang yang mereka cintai diserang. Banyak yang terbunuh saat merawat pasien mereka," kata Mofokeng dalam pernyataannya, Kamis. Sejak 7 Oktober, sedikitnya 364 serangan terhadap layanan kesehatan telah tercatat di wilayah pendudukan Palestina, yang mengakibatkan lebih dari 550 kematian dan hampir 730 korban luka-luka, menurut PBB.

 

Selain itu, lebih dari 50 fasilitas kesehatan dan 190 ambulans ikut terdampak pertempuran Israel dan kelompok pejuang Palestina, Hamas. Berdasarkan aturan perang, fasilitas sipil seperti rumah sakit dilarang diserang.

 

Antara

Read 59 times