Wednesday, 21 February 2024 08:24

Presiden Berpesan Agar Insan Pers Jaga Pilar Demokrasi dan Berinovasi

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada seluruh insan pers di tanah air untuk menjadi penjaga pilar demokrasi serta terus berinovasi dalam merespons perkembangan zaman. "Saya ingin titip dua pesan, pertama pers harus tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi, pers harus menjadi rumah bersama untuk menjernihkan informasi," kata Presiden Jokowi saat berpidato dalam acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Jakarta, Selasa. Ia mendorong insan pers untuk terus berkarya melahirkan berbagai produk jurnalisme sesuai fakta. "Beritakan-lah fakta-fakta apa adanya, tapi bukan mengada-ada, bukan asumsi-asumsi, bukan seolah-olah ada," ujarnya.

 

Pesan kedua disampaikan Presiden kepada seluruh industri pers di Indonesia agar mempraktikkan beragam langkah konkret strategis dalam berinovasi. Presiden optimistis dengan praktik tersebut industri media massa dapat lebih adaptif dalam merespons perubahan zaman yang terjadi. "Saya sangat berharap perusahaan pers dapat memikirkan langkah-langkah konkret strategis, terus melakukan inovasi agar adaptif dalam merespons perubahan zaman, mampu berdiri tegak secara mandiri di tengah gempuran persaingan global," ujarnya.

 

Puncak Peringatan HPN 2024 yang berlangsung di Econventional Hall Ecopark Ancol, Jakarta, sore ini mengangkat tema "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa". Turut mendampingi Presiden dalam agenda tersebut di antaranya Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, serta Ketua MPR Bambang Soesatyo.

 

Antara

Read 91 times