Monday, 26 August 2024 23:04

Otoritas kesehatan Gaza Terima Sejuta Dosis Vaksin Polio

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOinews.id, Gaza:Kementerian kesehatan Gaza menerima 1,26 juta dosis vaksin polio beserta 500 unit alat pendingin vaksin, pada Minggu malam (25/8). "Persiapan sedang dilakukan untuk meluncurkan program (vaksin) melalui koordinasi dengan para mitra," kata kementerian itu. Pada 16 Agustus, otoritas Gaza mengumumkan kemunculan kasus polio di Kota Deir al-Balah, yang merupakan kasus polio pertama di daerah kantong Palestina itu dalam 25 tahun terakhir. Penyakit ini terutama menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. Satu di antara 200 penderita infeksi bisa mengalami kelumpuhan yang tidak dapat disembuhkan.

 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), antara 5-10 persen dari mereka yang lumpuh akhirnya meninggal dunia karena kegagalan fungsi otot-otot pernapasan. Israel terus melancarkan serangan brutal di Jalur Gaza setelah serangan oleh kelompok Palestina, Hamas, pada 7 Oktober tahun lalu.

 

Padahal, Dewan Keamanan PBB telah mengeluarkan resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera. Serangan Israel telah mengakibatkan lebih dari 40.400 kematian warga Palestina, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, serta sedikitnya 93.000 orang terluka, menurut otoritas kesehatan Gaza. Blokade yang diberlakukan Israel di Gaza telah menyebabkan kelangkaan makanan, air bersih, dan obat-obatan serta menghancurkan sebagian besar wilayah tersebut.

 

Sumber: Anadolu

Read 23 times