Tuesday, 13 February 2018 13:26

Wakil Menteri Luar Negeri RI Temui Wakil Menteri Luar Negeri Maroko

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia menerima kunjungan bilateral dari Wakil Menteri Luar Negeri Maroko, Mounia Boucetta di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa, 13 Februari. Kepada wartawa A.M Fachir menjelaskan, dalam pertemuan tersebut keduanya membahas pengembangan hubungan kerjasama antara kedua negara. Dalam pertemuan itu pula Maroko menyatakan dukungannya kepada Indonesia untuk menjadi anggota tidak tetap dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB).

“ Ya ini kunjungan dari Secretary of State dari Maroko, counterpart saya, intinya kita mencoba membahas bagaimana memajukan hubungan dan kerjasama. Kita terimakasih kepada Maroko yang mendukung kita untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Kemudian bahwa juga kita tidak ada masalah politik, tapi kita selalu bekerja bersama di dalam isu–isu internasional. Tapi secara bilateral tantangan kita adalah bagaimana menerjemahkan yang baik itu di dalam kerjasama yang saling menguntungkan “.

A.M. Fachir menambahkan, dalam pertemuan tersebut dirinya juga menekankan perlunya sebuah perjanjian antara Indonesia dan Maroko untuk memfasilitasi pelaku bisnis Indonesia yang ada di Maroko. Indonesia sendiri pada bulan Januari lalu telah mengusulkan sebuah draf Preferential Trade Agreement (PTA) kepada Maroko. Draf perjanjian tersebut rencananya akan dibahas dalam waktu dekat agar pelaku bisnis Indonesia di Maroko dapat meningkatkan kinerja mereka. Menurut A.M. Fachir data terakhir yang berhasil dihimpun terkait perdagangan Indonesia dan Maroko, terjadi penurunan volume perdagangan yang cukup signifikan di angka 110.000 Dollar Amerika Serikat (AS) dari sebelumnya yang mencapai 150.000 Dollar AS. (Rezha)

Read 760 times Last modified on Tuesday, 13 February 2018 14:25