Wednesday, 03 July 2019 15:31

Penting Rekonsiliasi Paska Pilpres Redam Konflik

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Penting Rekonsiliasi Paska Pilpres Redam Konflik Foto : kbrn.rri.co.id

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menilai seluruh elemen bangsa harus kembali bersatu pasca Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang sempat membuat sejumlah masyarakat terpecah akibat berbeda pilihan politiknya. Untuk itu, Wapres Kalla mendorong dilakukan rekonsiliasi yang mempertemukan 2 pasangan calon (Paslon) Calon presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yaitu Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi.

Jusuf Kalla mengatakan rekonsiliasi harus mengedepankan sikap negarawan dan persatuan bangsa, dimana proses politik telah biasa dilakukan setiap 5 tahun sekali, namun usai pesta demokrasi harus juga dilakukan upaya persatuan. 

Jusuf Kalla menyebut rekonsiliasi paska Pilpres perlu dilakukan untuk meredam konflik hingga ke masyarakat bawah. Hal itu dikatakan Wapres Jusuf Kalla kepada wartawan di Kantor Wapres, Jakarta, pada Selasa (2/7/2019). Wapres Kalla menyebut Paslon 02 Prabowo-Sandi sebelumnya telah menerima hasil putusan sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan yang diajukannya.

Pernyataan Prabowo yang menghormati putusan MK, menurutnya sikap negarawan yang baik menerima putusan meskipun tidak memuaskan semua pihak. KBRN.

Read 843 times