Error
  • JUser: :_load: Unable to load user with ID: 2536
Wednesday, 21 February 2018 14:25

LIPI Targetkan Bangun Pusat Data Kelautan Nasional

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia-LIPI memperingati ulang tahun yang ke- 113 tahun. Dengan sejarah yang panjang, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan. 

 

Kepala Pusat Oseanografi LIPI, Dr Dirhamsyah, pada Selasa, 20 Februari 2018 di Jakarta, usai membuka Oceanography Science Week 2018 mengatakan, pihaknya menargetkan untuk membangun pusat data nasional.

"Kami berharap kami menjadi embrio dari yang namanya akan kita sebut national oceanografic data center. Karena selama ini Indonesia secara formal belum memiliki pusat data kelautan. Kami akan memulai untuk itu dan target kita pada tahun 2019 atau 2020 kita akan keluar dengan gedung yang spesifik kita bangun untuk national data center" tutur Dirhamsyah.

 

Dirhamsyah lebih lanjut menjelaskan, di tahun 2019 ia juga menargetkan untuk memiliki data terumbu karang dan rumput laut seluruh Indonesia. Selama ini, belum ada data legkap mengenai status terumbu karang dan rumput laut Indonesia.

 

Data ini sangat bermanfaat selain untuk keilmuan tetapi juga untuk pengambilan keputusan. Data ini bisa bermanfaat bagi pengambilan kebijakan di bidang pariwisata dalam upaya transplantasi terumbu karang dan lain sebagainya. LIPI juga memiliki data oseanografi fisika yang sangat penting untuk keamanan di laut. Menurutnya, selama ini Indonesia belum memiliki data tersebut./Sekar    

Read 905 times Last modified on Thursday, 22 February 2018 07:29