Friday, 13 March 2020 11:27

Merespon Penetapan Pandemi, Indonesia Siapkan Alat Penanganan Infeksi Virus Corona

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto : Antara Foto : Antara

 

Dengan ditetapkannya infeksi virus corona sebagai pandemik oleh Badan Kesehatan Dunia-WHO, maka kewaspadaan negara di seluruh dunia meningkat. Ketetapan ini juga memberikan konsekuensi bagi setiap negara untuk bersiap-siap menyediakan kebutuhan sarana dan prasarana kesehatan untuk kepentingan warganya serta pemeriksaan virus corona. Demikian dikatakan Juru Bicara Pemerintah Indonesia untuk Penanganan Virus Corona (Covid-19) Achmad Yurianto dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (12/3). Terkait hal ini, Achmad Yurianto mengatakan Indonesia telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk memastikan COVID-19 tidak menyebar lebih luas lagi di dalam negeri.

“ Kementerian Kesehatan sudah memastikan kita sudah menyiapkan lebih dari 10 ribu kit (pemeriksaan laboratorium-red) dan sebentar lagi akan kita tambah lagi. Kemudian di beberapa kesempatan dari beberapa BUMN, BUMD juga sudah bisa memastikan kita memiliki sekitar 15 juta masker. Tetapi ini tentunya bukan jumlah yang kita anggap kurang, kita anggap cukup juga tidak. Artinya bahwa kita juga punya stok.”

Namun menurut Achmad Yurianto, permasalahannya bukan pada berapa banyak stok sarana prasarana kesehatan. Yang paling penting adalah bagaimana mengendalikan penularan lebih keras lagi. Satu-satunya cara adalah contact tracing harus lebih kencang dan berusaha lebih keras lagi mencari kasus positif, untuk kemudian diisolasi. (voi/andy/edit r)

Read 381 times Last modified on Friday, 13 March 2020 14:50