Tuesday, 29 September 2020 00:00

Kain Kasa dari Sarang Telur Tarantula

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto : Antara Foto : Antara

Tarantula adalah sejenis laba-laba besar dan beracun yang hidup di padang pasir. Ternyata Sarang Telur Tarantula menyimpan berjuta manfaat yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Salah satunya,  sarang telur tarantula mempunyai kandungan protein fibroin atau fibrinoin yang tinggi. Kandungan protein ini mampu membantu mempercepat penghentian darah serta penyembuhan pada luka terbuka. Melihat manfaat yang terkandung pada sarang tarantula ini, lima mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, yakni Rizky Senna, Ilham Maulana D, Resti Oktaviarni, Yushidayah N S dan Molanika S membuat desain kasa dari bahan tersebut.

 

Kain Kasa dari sarang telur Tarantula ini diberi nama Kaspro dan diklaim lebih efektif dari kasa biasa. Menurut Rizky Senna, luka terbuka yang dibalut kasa akan mengalami regenerasi karena jumlah sel fibrolas, sintesis kolagen, kekuatan tensile, kontraksi luka dan periode epitelisasi. Penyembuhan luka dengan kasa Kaspro akan mendapatkan kandungan protein di dalamnya dan membuat penyembuhan lebih cepat.

 

 

Anggota tim lain sekaligus Manajer Produksi, Yushidayah, menjelaskan sarang telur tarantula diperoleh dari hasil pembudidayaan, sekitar dua bulan sebelum sarang telur tarantula dipanen. Pembudidayaan tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan mitra pecinta atau kolektor tarantula di Indonesia. Anggota tim lainnya, Ilham Maulana Dandi, menerangkan kelompoknya menerapkan motif batik khas Nusantara pada KASPRO supaya lebih menarik. Kasa berbahan sarang telur tarantula ini terdiri atas dua jenis, yakni gulung dan plester. Tim berencana menjual KASPRO di situs e-commerce dan media sosial lainnya. KASPRO dibanderol Rp 30 ribu per boks dengan isi 20 kasa standar dan lima berukuran jumbo. Sementara jenis kasa gulung akan dijual seharga Rp 37 ribu per boks.

 

 

Read 680 times Last modified on Wednesday, 30 September 2020 09:44