Wednesday, 28 October 2020 00:00

Hds

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Hari Ini dalam Sejarah. Kami awali dengan Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Hari Sumpah Pemuda sering dimaknai sebagai semangat perjuangan kaum muda di masa lampau. Selain itu, Sumpah Pemuda juga dimaknai sebagai momentum bersatunya para pemuda, yang kemudian bergerak bersama dan berjuang menuju Indonesia merdeka. Peran pemuda tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda lahir dari keputusan yang dihasilkan dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928. Awalnya tanggal 28 Oktober tidak diperingati sebagi Hari Sumpah Pemuda, melainkan diperingati sebagai hari lahirnya lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959, tanggal 16 Desember 1959.

Beralih ke peristiwa  tanggal 28 Oktober 1924, Sekolah Tinggi Hukum Rechtshoogeschool te Batavia dibuka.

Rechtshoogeschool te Batavia, biasa disingkat  RH te Batavia, atau RHS dibuka pada 28 Oktober 1924 di Batavia, sekarang Jakarta oleh Gubernur JenderalJ. B. van Heutsz, sebagai perguruan tinggi hukum pertama. Sebelumnya pada tanggal 3 Juli1920,telah dibuka Technische Hoogeschool te Bandoeng (Sekolah Tinggi Teknik di Bandung).Sehubungan dengan pengambilalihan THS oleh pemerintah saat itu dan pembukaan RHS, maka kedua sekolah tinggi tersebut diatur dalam peraturan perundang-undangan tentang pendidikan atau perguruan tinggi di Hindia Belanda yang selanjutnya disebut Hooger Onderwijs Wet 1924 Ordonnantie 9 Oktober 1924 No.1 (Stb. No. 457/1924). Dengan dikeluarkannya UU tersebut,dasar pembukaan Sekolah Tinggi Teknik -THSdi Bandung  dan Sekolah Tinggi Hukum -RHS di Jakarta semakin kuat.

Kami akhiri dengan peristiwa tanggal  28 Oktober 1955, Kelahiran Bill Gates.

William Henry Bill Gates III adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Ia lahir di Seattle, Washington, pada tanggal 28 Oktober 1955 dari pasangan William Gates, Sr. dengan istrinya, Mary Maxwell Gates. Bill Gates menduduki peringkat tetap di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 hingga 2009. Pada tahap-tahap akhir kariernya, Gates melakukan beberapa usaha filantropi dengan menyumbangkan sejumlah besar dana ke berbagai organisasi amal dan program penelitian ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikan tahun 2000.

Read 722 times Last modified on Wednesday, 28 October 2020 17:59
More in this category: « Hds hds »