Tuesday, 13 April 2021 00:00

Indonesia Negara Mitra Hannover Messe 2021

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kanselir Jerman Angela Merkel secara bersama meresmikan pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, secara virtual, Senin (12/4). Pameran berlangsung hingga 16 April. Peresmian yang dilakukan oleh kedua pemimpin ini menandakan dimulainya pameran terbesar dunia untuk teknologi industri yang telah berjalan selama 72 tahun.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo mengatakan, sebuah kehormatan bagi Indonesia menjadi negara mitra pada Hannover Messe 2021 untuk kedua kalinya setelah 26 tahun lalu. Dia menyampaikan, tema transformasi teknologi yang diusung Hannover Messe kali ini sangat relevan dengan situasi pandemi COVID-19 yang tengah dihadapi oleh banyak negara saat ini.

Dalam pameran yang berlangsung secara digital ini, Indonesia bertindak sebagai negara mitra atau official partner country. Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN yang pernah mendapat kehormatan tersebut. Hal ini mendukung upaya penjenamaan atau branding Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru ekonomi dunia dan pelaku manufaktur global.

Partisipasi Indonesia dalam pameran industri Hannover Messe juga sejalan dengan inisiatif strategis peta jalan industri nasional “Making Indonesia 4.0” yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 4 April 2018 lalu. Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo menjelaskan, ada tiga hal utama yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam menyiapkan implementasi Industri 4.0. Pertama, penguatan sumber daya manusia. Kedua, penciptaan iklim investasi yang kondusif, dan ketiga, investasi pada pembangunan hijau. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengundang Jerman untuk berpartisipasi dalam pembangunan hijau.

Partisipasi Indonesia sebagai negara mitra dalam Hannover Messe menunjukkan bahwa dunia, khususnya negara maju seperti Jerman masih menaruh kepercayaan terhadap kemampuan industri dan teknologi Indonesia. Di tengah pandemi yang mengguncang industri sebagai salah satu pilar ekonomi, industri Indonesia masih dapat bertahan dan terus menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman.

Keberhasilan penyelenggaraan Hannover Messe tahun ini juga sangat penting bagi posisi Indonesia dan Jerman ke depan. Hal itu mengingat tahun 2022, Indonesia mendapat giliran memimpin kelompok negara G20, sedangkan Jerman menjadi ketua kelompok negara G7. Selain itu, keberhasilan pameran ini akan menambah kepercayaan dunia terhadap kepemimpinan kedua negara dalam masing-masing kelompok nantinya.

Read 519 times Last modified on Wednesday, 14 April 2021 14:06