Thursday, 03 May 2018 11:45

Ulama Italia Sampaikan Pentingnya Forum Konsultasi Ulama Sedunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Ketua Komunitas Agama Islam Italia, Yahya Sergio Yahe Pallavicini, menyampaikan pentingnya penyelenggaraan Forum Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan Cendikiawan Muslim Sedunia di Bogor, Jawa Barat. Di sela-sela penyelenggaraan forum tersebut, Rabu (2/5), Yahya mengatakan, metodologi konsultasi yang ditawarkan Indonesia menjadi sarana untuk berbagi pengalaman terbaik antar ulama dari seluruh dunia tentang upaya beradaptasi di tengah perbedaan yang ada di dunia.

Datang dari Eropa kesan Konsultasi tentang wasathiyyah sangat penting. Karena ada metodologi, konsultasi. Untuk mengundang cendekiawan dari seluruh dunia, cendikiawan muslim, untuk berbagi dengan cendekiawan Indonesia contoh metode terbaik di Indonesia, dan untuk berbagi pengalaman ini bagaimana beradaptasi di berbagai wilayah dunia. Konsultasi adalah metodologi tradisional dan Indonesia telah meluncurkan tanggung jawab besar ini untuk berbagi melalui kesempatan ini. Jadi saya pikir ini adalah proses yang sangat penting. Saya juga telah berbagi dengan Prof Din Syamsuddin di mana dialog antar agama dapat menjadi salah satu cara yang dapat ditingkatkan untuk menghadapi berbagai tantangan.

Lebih lanjut Yahya Sergio Yahe Pallavicini mengatakan, dirinya berharap bahwa pertemuan ulama dan cendikiawan muslim ini dapat dilanjutkan di masa mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk dapat membangun jejaring yang lebih luas antar sesama umat Islam sekaligus menanamkan konsep Wasathiyyah kepada generasi muda. Dirinya tidak menutup kemungkinan bahwa konsep Islam jalan tengah akan dapat ditularkan bukan hanya kepada seluruh umat Islam di dunia, namun juga kepada masyarakat di luar Islam untuk membangun kerja sama yang lebih baik.(ndy)

Read 1038 times Last modified on Thursday, 03 May 2018 13:02