Thursday, 03 May 2018 12:42

Ekonomi Kreatif, Salah Satu Penggerak Pembangunan Ekonomi Global Di Masa Depan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan Badan Ekonomi Kreatif akan menggelar konferensi untuk menyokong dan mendorong industri kreatif Indonesia, World Conference on Creative Economy. Konferensi tersebut dihelat untuk pertama kalinya. Tidak hanya dari Indonesia, konferensi tersebut juga akan mengundang 51 negara, mencakup Benua Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika untuk bertukar pengalaman dan juga pemikiran terkait dengan ekonomi kreatif. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (2 Mei) mengatakan, ekonomi kreatif memiliki peran yag penting dalam perekonomian dan pembangunan global.

Ekonomi kreatif adalah salah satu penggerak pertumbuhan dan pembangunan ekonomi global di masa depan. Bahkan saat ini, ekonomi kreatif telah menjadi sektor yang paling kreatif berkembang, dengan modal lebih dari 2,25 triliun dolar Amerika Serikat. Menyediakan hampir 30 juta pekerjaan. Di Indonesia, pertumbuhan ekonomi kreatif sangat mengesankan. Menjadi kontributor penting bagi pembangunan ekonomi dan sosial.”

Menteri Retno Marsudi menambahkan, saat ini di Indonesia  sejumlah usaha ekonomi kreatif yang kini telah berkembang pesat di Indonesia, contohnya adalah Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan BukaLapak. Munculnya usaha-usaha kreatif seperti ini, menurutnya, dapat meningkatkan potensi lapangan kerja dan juga pengaruh sosial ke masyarakat. World Conference on Creative Economy ini akan digelar di Bali, 6 sampai 8 November mendatang. Saat ini masih dibahas berbagai komponen penting terkait ekonomi kreatif dan usaha menengah. Dalam Konferensi itu, akan dihadirkan para perwakilan dari kementerian atau badan ekonomi kreatif negara-negara tetangga serta pelaku usaha dan bisnis untuk bertukar pengalaman dan bekerja sama dengan Indonesia. (Rezha)

Read 594 times Last modified on Thursday, 03 May 2018 13:36