Tuesday, 02 August 2022 08:45

Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

Written by  Nouva/Akbar
Rate this item
(0 votes)

 

 

(voinews.id) --Spanduk, banner  dan media promosi lain bertuliskan “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” sudah terlihat di tempat-tempat umum di Indonesia. Itulah tema Hari Ulang Tahun Republik Indonesia  ke–77.  Suasana Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia sudah semakin terasa.

Suasana Peringatan Kemerdekaan pada tahun 2020 dan 2021 mungkin tak begitu muncul. Indonesia memiliki tradisi untuk merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Setiap tahun, kemeriahan peringatan sudah terasa begitu memasuki bulan Agustus. Tahun ini,  kemeriahan itu kembali terasa.

Bangsa Indonesia sudah seharusnya mengaplikasikan slogan peringatan Kemerdekaan Indonesia tahun ini dalam setiap kegiatannya. Salah satunya adalah disiplin diri menjalankan protokol kesehatan, termasuk menyegerakan diri untuk mendapat vaksinasi penguat. Karena, itu adalah salah satu cara agar bangsa Indonesia cepat pulih dari Covid-19.

Bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang gemar bergotong royong. Semangat itulah yang harus lebih digelorakan untuk bisa bangkit lebih kuat. Usaha mikro kecil dan menengah  -UMKM menjadi salah satu yang harus pulih dan bangkit agar bisa bersaing di pasar domestik dan global. Tidak bisa dipungkiri, di dalam negeri produk-produk usaha mikro kecil dan menengah masih bersaing dengan produk impor. Kerjasama antara Kementerian, pemerintah daerah, institusi perbankan, market place dan seluruh pelaku usaha harus lebih ditingkatkan dan dikuatkan agar UMKM Indonesia bangkit lebih kuat.  Kecintaan Bangsa Indonesia terhadap produk bangsa tak hanya cukup disadari dengan menggaungkan Bangga Buatan Indonesia. Tetapi harus diwujudkan dengan membeli, menggunakan, dan ikut mempromosikan produk-produk UMKM, sehingga UMKM Bangkit Lebih Kuat.

Memang dunia saat ini tidak berada pada posisi baik-baik saja. Seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam acara Dzikir Kebangsaan, Senin malam (1/8) di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta. Dia mengingatkan, setelah hampir dua setengah tahun dunia, seluruh negara mengalami sakit bersama-sama karena pandemi COVID-19.

Indonesia tak bisa menunggu dunia pada posisi baik-baik saja untuk bangkit. Dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, ikhtiar bersama dalam gotong royong, Insya Allah Indonesia akan segera keluar dari pandemi dan pemulihan ekonomi lebih baik. Sehingga, Indonesia bisa berbuat lebih banyak untuk negara-negara yang masih dalam kesulitan. Dari Indonesia untuk dunia! (pna/rhm)

Read 598 times Last modified on Wednesday, 31 August 2022 06:18