Error
  • JUser: :_load: Unable to load user with ID: 2536
Monday, 12 February 2018 18:44

WHO Sarankan Kelompok Rentan dapatkan Imunisasi Influenza

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Senior Advisor World Health Organization -WHO, Prof Tjandra Yoga Aditama, mengatakan, angka penderita influenza semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada seminar medis influenza dan pneumonia yang diselenggarakan di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, Senin, 12 Februari, Tjandra Yoga Aditama menjelaskan, pandemi atau kejadian luar biasa influenza bisa saja terjadi ke depannya. Menurutnya, virus influenza tidak dapat dianggap sepele karena dapat berdampak berat.  Untuk itu, WHO menyarankan masyarakat kelompok rentan untuk mendapatkan vaksinasi. 

"Kelompok resiko tinggi itu siapa, nomor satu tentu mereka yang punya penyakit kronik paru, jantung, daya tahan tubuh menurun, yang ke dua adalah wanita hamil, yang ke tiga adalah anak-anak umur 6 bulan sampai 5 tahun, yang ke empat lebih dari 65 tahun. Ini yang dianjurkan untuk diberikan vaksinasi" jelasnya.

Tjandra Yoga lebih lanjut menjelaskan,  virus influenza yang menyerang binatang seperti H7N9 atau Avian flu dan flu babi atau H5N1 dapat juga menyebar ke manusia yang berkontak langsung dengan binatang.Menurutnya, penanggulangan flu harus dilakukan terhadap manusia, binatang, dan lingkungan. Ketua ruang isolasi kasus pneumoni Rumah Sakit Persahabatan, dr Prasenohadi, mengatakan, pihaknya sudah menangani lebih dari 200 orang yang disebabkan oleh virus H5N1. Untuk itu, Rumah Sakit Persahabatan sebagai Rumah Sakit Pusat respirasi nasional menyelenggarakan seminar mengenai influenza untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Komite pencegahan dan pengendalian infeksi, RS Persahabatan, dr Cahyarini, menambahkan, Rumah Sakit Persahabatan sudah bisa melakukan screening terhadap virus influenza. Kewaspadaan transmisi dan isolasi harus siap. Kewaspadaan transmisi adalah perilaku untuk mencegah infeksi melalui batuk dan penggunaan masker/Sekar

Read 825 times