Tuesday, 02 January 2018 21:40

Pesta Bakar Batu

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOI WARNA WARNI Sebuah budaya memang tidak akan pernah lepas dari tradisi. Secara turun temurun tradisi di berbagai tempat di Indonesia diajarkan kepada generasi yang lebih muda agar dapat terus dilakukan bahkan dilestarikan. Salah satu tradisi yang berakar dari budaya Papua adalah pesta bakar batu. Apakah sebenarnya pesta bakar batu ini?

Secara logika mungkin Anda akan berpikir, untuk apa berpesta dengan cara membakar batu. Tradisi pesta bakar batu merupakan ritual memasak bersama-sama warga 1 kampung yang bertujuan untuk bersyukur, bersilaturahim. Seperti menyambut kebahagiaan seperti kelahiran, perkawinan adat, penobatan kepala suku, atau untuk mengumpulkan prajurit untuk berperang. Dalam memasak dan mengolah makanan untuk pesta tersebut, suku-suku di Papua menggunakan metode bakar batu.Tiap daerah dan suku di kawasan Lembah Baliem memiliki istilah sendiri untuk bakar batu. Dalam pesta ini akan terlihat betapa tingginya solidaritas dan kebersamaan masyarakat Papua. Makna lain dari pesta ini adalah sebagai ungkapan saling memaafkan antar-warga. Pesta bakar batu ini tidak ditentukan waktunya dan belum menjadi agenda tahunan pemerintah setempat.

Prosesi Pesta Bakar Batu biasanya terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap persiapan, bakar babi, dan makan bersama. Tahap persiapan diawali dengan pencarian kayu bakar dan batu yang akan dipergunakan untuk memasak. Batu dan kayu bakar disusun kemudian tumpukan tersebut dibakar hingga kayu habis terbakar dan batuan menjadi panas. Pada saat inilah semua bahan makanan diletakkan diatas batu yang dilapisi daun pisang. Memerlukan waktu satu setengah jam agar semua bahan makanan tadi matang dengan baik. Yang perlu diketahui adalah semua bahan makanan tadi tidak diberi bumbu sehingga rasa tawar pada makanan akan terasa.

Setelah satu setengah jam dan semua bahan makanan telah matang, maka dimulailah acara makan bersama. Hal tersebut merupakan acara yang selalu di tunggu oleh seluruh anggota suku. Kebersamaan sangat kental terasa ketika acara makan dimulai. Proses persiapan yang dilakukan oleh seluruh anggota suku merupakan sebuah wujud kebersamaan yang tidak ternilai. Baiklah pendengar, demikian informasi mengenai pesta bakar batu di Papua. Terimakasih atas perhatian Anda dan sampai jumpa pada Warna Warni edisi berikutnya.

 

Read 2835 times