Tuesday, 13 August 2019 07:41

Pramuka Penjaga Keutuhan NKRI

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Setiap tanggal 14 Agustus,  Indonesia memperingati hari Pramuka, singkatan dari Praja Muda Karana, yang berarti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Sejak tahun 1961, Gerakan Pramuka menjadi satu-satunya organisasi yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. Keberadaan Pramuka Indonesia, sejak masih disebut gerakan kepanduan, tak bisa lepas dari sejarah perjuangan bangsa. Pramuka  selalu hadir dengan ikut serta dalam setiap gerakan untuk mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Hari Pramuka tentu sangat penting untuk diperingati. Bukan saja untuk menghargai peran Kepanduan/Pramuka  dalam perjuangan memperoleh kemerdekaan, tetapi juga untuk memperkuat karakter bangsa. Setiap anggotanya diajarkan, dilatih, dan ditanamkan untuk menjadi manusia berani, bertanggung jawab, dapat dipercaya, suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. 

Melalui gerakan Pramuka, yang jumlah anggotanya lebih dari 25 juta orang, upaya-upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tentu bisa difokuskan.  Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Kwartir Nasional Budi Waseso,  Gerakan Pramuka adalah tempat pembinaan generasi muda yang berkarakter,  serta menjadi penangkal narkoba, radikalisme dan hoax (berita-berita  palsu).  Dalam  kegiatan pendidikan dan latihan serta pembinaan anggotanya, pramuka bisa memasukkan materi-materi dalam upaya penangkalan paham-paham yang berlawanan dengan ideologi negara, Pancasila. Terlebih kegiatan pramuka melekat dalam sistem pendidikan di Indonesia, dan  menjadi salah satu ekstra kurikuler di sekolah dasar, sekolah lanjutan bahkan sampai perguruan tinggi.

Menyebar sampai ke seluruh pelosok negeri, anggota pramuka tentu bisa difungsikan sebagai agen-agen penyebar  kebaikan dan  semangat menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.  Dengan janjinya, yang antara lain menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, Menolong Sesama Hidup, dan Mempersiapkan diri serta membangun masyarakat, Pramuka diharapkan  memberikan kontribusi yang nyata dalam setiap gerakan kemanusiaan di Indonesia bahkan dunia.

Read 1925 times