Thursday, 22 August 2019 00:00

Triathlon Ironman 70.3

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Triathlon Ironman 70.3 Foto : kemenpar.go.id/Biro Hukum dan Komunikasi Publik.

 

Bintan kembali menjadi tuan rumah untuk event sport tourism bertaraf internasional bertajuk Triathlon Ironman 70.3. Sport Tourism yang masuk dalam 100 CoE (Calender of Event) 2019 Kementerian Pariwisata ini digelar 25 Agustus 2019 di Plaza Lagoi, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Kompetisi dunia triathlon jarak jauh ini terbuka bagi atlet amatir juga amatir elit untuk berlaga memperebutkan slot di Kejuaraan Dunia Ironman 70.3 yang akan diadakan di Taupo, Selandia Baru pada 2020 mendatang. Ironman 70.3 merupakan salah satu seri kejuaraan triathlon yang diatur oleh korporasi triathlon dunia WTC. Angka 70.3 tersebut mengacu kepada total jarak yang dilombakan yaitu 70,3 mil atau 113 kilometer yang terdiri atas renang 1,9 kilometer, sepeda 90 kilometer, dan lari 21,1 kilometer.

 

Pada tahap pertama lomba yaitu Perfect Swim Conditions, semua peserta wajib berenang di perairan Teluk Lagoi. Setelah itu, dilanjutkan dengan Spectacular One-Lap Bike Course. Pada tahap kedua ini, peserta akan bersepeda di jalanan berkelok melewati bagian barat laut pulau. Peserta akan bersepeda sembari menikmati pemandangan hutan dan pantai. Setelah menempuh perjalanan sekitar 90 Kilometer, barulah peserta naik ke tahap terakhir yaitu Scenic Run Course. Peserta akan berlari 2 lap dengan pemandangan Teluk Lagoi. Penyelenggaran tahun ini ada sedikit perubahan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Perubahan pertama yaitu adanya sistem rolling start di renang. Dalam hal ini, peserta akan dibagi ke dalam sejumlah grup yang terdiri atas empat orang yang akan dilepas setiap enam detik di start.Perubahan itu menggantikan sistem start berbarengan di tahun sebelumnya. Kemudian tahun ini panitia menyediakan sejumlah titik rain shower yang menyemprotkan air di jalur lomba untuk menyegarkan para peserta.

 

sebanyak 882 peserta dari 55 negara sudah mendaftarkan diri dalam kompetisi olahraga Triathlon Ironman 70.3. Mereka berasal dari Singapura, Indonesia, Australia, Great Britain, Filipina, Japan, India, Prancis, New Zealand, dan Amerika Serikat. Ditargetkan akan ada sekitar 1200 peserta meramaikan acara ini. Dalam kompetisi tersebut, para peserta tak hanya diajak menikmati bentangan pesisir Bintan yang memukau, perbukitan hijau, namun juga memiliki kesempatan untuk menyusuri desa-desa yang ada di Bintan. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyatakan, sport tourism secara langsung akan berdampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi di daerah setempat. Peserta akan melihat lebih dekat ‘wajah’ Bintan dan menikmati semua yang tersaji.

 

 

Read 829 times Last modified on Thursday, 22 August 2019 11:46