Tuesday, 24 September 2019 06:58

GRAVFARM Indonesia Realisasikan Ekspor Langsung Kopi Senilai 1 Juta Euro ke Slowakia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Produsen kopi premium asal Jawa Barat, Gravfarm Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dengan mitranya Bozske Prichute Slowakia untuk pengiriman kopi ke Eropa Tengah senilai 1 juta Euro, di Bratislava, Slowakia, Rabu (18/). Penandatanganan nota kesepahaman  dilakukan oleh R. Yugian Leonardy, Chief Executive Officer PT. Inti Gravfarm Indonesia dan mitranya Lukas Ondrisak, Direktur Bozske Prichute s.r.o Slowakia. Seperti dikutip dari laman kemlu.go.id , penandatanganan nota kesepahaman disaksikan oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Slowakia Adiyatwidi Adiwoso Asmady dan dilaksanakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bratislava, Republik Slowakia .

Dubes Adiyatwidi Adiwoso sangat mengapresiasi realisasi kerja sama direct export yang dilakukan oleh Gravfarm dan Bozske, mengingat selama ini kopi Indonesia yang beredar di Slowakia didatangkan dari pedagang besar yang berada di luar Slowakia, seperti: Italia, Austria, Ceko, Polandia, dan Jerman.  Ia menjelaskan,  KBRI Bratislava sangat mendukung Gravfarm pada kerja sama ini, karena selain akan meningkatkan hubungan perdagangan bilateral, Gravfarm juga memilih Slowakia sebagai pusat penyebaran (hub) produk-produk kopi mereka di Eropa Tengah dan Timu.   Dikatakannya realisasi kerja sama ini merupakan salah satu wujud nyata Diplomasi Ekonomi Indonesia di Slowakia.

Sementara itu, Yugian Leonardy, Chief Executive Officer PT. Inti Gravfarm Indonesia mengatakan Gravfarm memilih Bozske karena komitmen perusahaan ini untuk mencantumkan originalitas produk kopi Indonesia pada setiap produk yang mereka hasilkan dan promosi yang mereka lakukan di Slowakia dan Eropa Tangah.

Yugian Leonardy juga mengatakan penandatangan nota kesepahaman itu merupakan bentuk keseriusan pihaknya untuk menggarap segmen kopi premium Indonesia di pasar Eropa Tengah yang dinilai memiliki potensi besar, terutama di Slowakia, Ceko, Austria, Hungaria, dan Slovenia.  Inti Gravfarm juga berterima kasih kepada KBRI Bratislava yang telah memperkenalkan pasar baru bagi komoditas kopi, teh, cascara  di Eropa Tengah.  Sejak bulan Januari 2018, pihaknya telah empat kali datang ke Bratislava dan beberapa kali pertemuan dengan calon mitra potensial di Indonesia guna mematangkan pemasaran produk premium Gravfarm di Eropa dan semakin mengharumkan citra tinggi kopi Indonesia di dunia.

Sementara, Lukas Ondrisak, Direktur Bozske Prichute s.r.o Slowakia menyampaikan kepuasannya karena telah menjadi mitra resmi Gravfarm Indonesia di wilayah Eropa Tengah.  Dikatakan pihaknya selalu puas dengan contoh kopi yang telah  dicoba dan tahu bahwa kopi Gravfarm telah beberapa kali mendapat penghargaan pada ajang kopi internasional di Amerika Serikat, Kanada, Jepang, dan Eropa. Ia menjelaskan, Slowakia sangat senang dapat bermitra dengan Gravfarm , yang merupakan produsen kopi Indonesia dengan kualitas tinggi.  Lukas Ondrisak mengatakan Slowakia menantikan ketibaan pengiriman pertama kopi Gravfarm yang dijadwalkan tiba pada  bulan Oktober 2019 agar dapat segera didistribusikan, mengingat para pelanggan-pelanggan di Slowakia dan negara sekitar telah menagih pengiriman pasokan kopi.

Read 813 times Last modified on Tuesday, 24 September 2019 06:48