Friday, 13 December 2019 09:44

Kementerian Perindustrian Tingkatkan Daya Saing IKM

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kementerian Perindustrian terus mendukung kemajuan sektor industri kecil menengah dan aneka (IKMA) Nasional agar lebih berdaya saing secara global, salah satunya dengan menggelar "Semarak Festival IKMA 2019". Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka Semarak Festival IKMA 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (11/12) mengatakan, Semarak Festival IKMA 2019 merupakan salah satu wujud nyata peran Kementerian Perindustrian dalam peningkatan daya saing produk serta sumber daya manusia khususnya pada sektor IKMA. Menurut Agus Gumiwang, pemerintah tengah memberikan perhatian tinggi pada peran generasi muda melalui penumbuhan wirausaha-wirausaha baru. Kombinasi antara kuantitas dan kualitas baik dari sisi produk maupun sumber daya manusia akan menjadi keunggulan dalam penumbuhan dan pengembangan IKMA.

Agus Gumiwang menjelaskan, terdapat lima hal dalam kegiatan tersebut, yang jika disandingkan akan membentuk sektor IKMA yang berdaya saing, yaitu pemanfaatan era digital, kreativitas, produk dan sumber daya manusia yang berkualitas, promosi dan pemasaran, serta kemitraan. Salah satu kegiatan yang dilakukan pada acara tersebut adalah Penganugerahan Penghargaan “Startup4Industry”. Maksud dari program Startup4Industry adalah untuk mendukung transformasi digital industri manufaktur dengan mencetak startup penyedia teknologi bagi industri kecil dan menengah.

Aspek berikutnya adalah kreativitas. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan ruang kreatif yang lebih luas kepada generasi muda adalah memberikan penghargaan Lomba Desain Indonesia Footwear Creative Competition. Aspek yang ketiga adalah produk dan SDM yang berkualitas. Kementerian Perindustrian memberikan fasilitasi untuk pengembangan produk kepada IKMA. Selain itu pihaknya juga memberikan fasilitasi untuk pengembangan SDM diantaranya untuk Sertifikasi Kompetensi Kerja Barista, Pakaian Jadi, Teknis Reparasi AC dan Finishing Mebel Kayu. Aspek keempat adalah promosi dan pemasaran. Kementerian Perindustrian memfasilitasi IKM untuk mengikuti pameran sebagai bentuk promosi dan meningkatkan pangsa pasar. Aspek yang terakhir adalah Kemitraan. Dalam menghadapi suasana persaingan yang semakin kompetitif, kerjasama dalam bentuk kemitraan usaha merupakan suatu strategi untuk mengembangkan perusahaan.  



Read 695 times