Tuesday, 27 February 2018 08:46

BERANDA DIPLOMASI

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kedutaan Besar RI Sofia bekerja sama dengan International Power Supply yang merupakan perusahaan di bidang energi Bulgaria dan The Purnomo Yusgiantoro Center menyelenggarakan acara  Sustainable Innovation Forum di Jakarta, Kamis (22/2). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Ignasius Jonan membuka acara yang bertujuan untuk membahas peluang energi terbarukan di Indonesia dan sistem ketenagalistrikan off-grid  yang berkelanjutan. Dalam forum inovasi berkelanjutan  ini, telah ditandatangani nota kesepahaman kerja sama antara International Power Supply dengan PT Len Industri (Persero) yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi baru, agar investasi di bidang tenaga surya semakin murah serta sesuai dengan kebutuhan dan rencana pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia. Selain itu, juga ditandatangani kerja sama International Power Supply dengan Universitas Teknologi Bandung dan Universitas Pertahanan di bidang penelitian dan  peluang alih teknologi. Duta Besar RI Sofia, Sri Astari Rasjid, mengharapkan, agar kerja sama dan nota kesepahaman yang telah ditandatangani, dapat berjalan secepatnya untuk memberi manfaat kepada masyarakat Indonesia. Kedutaan Besar RI Sofia akan meneruskan upaya yang telah dilakukan selama ini, untuk mendorong investasi dan perdagangan RI-Bulgaria.

Pelantikan PPI Malaysia Periode 2017-2018

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur, Prof Dr Ari Purbayanto, melantik pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia –PPI Malaysia periode 2017-2018 yang diketuai oleh Doni Ropawandi di Kedutaan Besar RI, Minggu (25/2). Sebanyak 120 orang pengurus yang berasal dari berbagai universitas di Malaysia itu, dikukuhkan secara resmi// Dalam sambutannya, Atase Pendidikan Kedutaan Besar RI Kuala Lumpur berpesan, agar PPI Malaysia dapat secara maksimal membantu berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Malaysia// Selain itu, PPI Malaysia juga dapat bersinergi dengan Kedutaan Besar RI menjadi mitra dalam berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dan mahasiswa Indonesia.

Festival Indonesia di Moskow

Kedutaan Besar Indonesia di Moskow sedang bersiap menyelenggarakan Festival Indonesia yang akan diselenggarakan pada tanggal 2 sampai 5 Agustus mendatang. Penyelenggaraan Festival ini ditujukan untuk mengundang semakin banyak wisatawan dari Rusia berkunjung ke Indonesia. Cara ini ditempuh karena efektifnya pendekatan budaya di Rusia. Menurut Duta Besar Indonesia untuk Rusia, M. Wahid Supriyadi, penyelenggaraan ini untuk mengulang kesuksesan Festival Indonesia tahun lalu. Pemerintah berkomitmen menjadikannya sebagai ajang tahunan Kedutaan Besar RI di Moskow. Wahid Supriyadi mengatakan, pada 2017, Festival Indonesia berhasil mengundang sekitar 70 Usaha Kecil Menengah dari Indonesia untuk membuka tenda pameran dan dikunjungi oleh lima gubernur di Rusia dan walikota Moskow. Festival Indonesia akan diawali dengan diskusi mengenai kelapa sawit pada 2 Agustus. Di beberapa negara Eropa, kelapa sawit ditentang, tetapi Rusia masih merespon dengan baik. Dalam forum diskusi itu akan diundang ahli dari Rusia untuk membicarakan manfaat minyak kelapa sawit bagi kesehatan. Pada 3-5 Agustus, akan diselenggarakan pertunjukan budayamulai dari fesyen batik, kerajinan tangan sampai kuliner

Read 1070 times Last modified on Tuesday, 27 February 2018 09:28