Thursday, 01 March 2018 08:57

Selain Bahasa Indonesia, Wikipedia Kini Tersedia Dalam Beberapa Bahasa Daerah Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Project Manager Wikimedia Indonesia, Ivonne Kristiani, menyelenggarakan kompetisi Project Ganesha. Project Ganesha adalah sebuah kompetisi menulis yang diinisiasi oleh Wikimedia Indonesia dan Goethe-Institut Indonesien sejak bulan September 2017, dan berakhir Februari kemarin. Melalui project ini, Wikipedia, produk Wikimedia Indonesia, memiliki misi memberikan pengetahuan secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia. Ivonne Kristiani pada acara Press Talk Project Ganesha di Goethe Haus, Jakarta, Rabu (28/02) menjelaskan, untuk lebih memudahkan masyarakat daerah mendapatkan pengetahuan, kini Wikipedia tersedia dalam beberapa bahasa daerah, seperti bahasa daerah Aceh, Banjar, Banyumasan, Bugis, Jawa, Melayu, Minangkabau, Tetun, Sunda, dan akan meluncurkan bahasa Gorontalo.

“ Misi untuk membuat pengetahuan yang gratis dan dapat diakses oleh semua orang, tidak hanya di Wikipedia Indonesia. Kami juga menyadari bahwa di Indonesia ada banyak bahasa yang digunakan. Oleh karena itu, kami memiliki beberapa pertanyaan tentang Wikipedia, tidak hanya dalam bahasa Indonesia, tapi kami juga memiliki bahasa daerah Aceh, Banjar, Banyumasan, Bugis, Jawa, Melayu, Minangkabau, Tetun, Sunda, dan kami juga segera meluncurkan Gorontalo Wikipedia “.

Ivonne Kristiani menambahkan, setelah 15 tahun artikel pertama diluncurkan, sudah terdapat 400.000 lebih artikel di Wikipedia Indonesia, dan sudah memiliki sekitar satu juta pengguna yang terdaftar. Berdasarkan jumlah artikel, saat ini Wikipedia Indonesia menduduki posisi ke-25 dunia dengan jumlah artikel terbanyak. Egi

Read 415 times Last modified on Thursday, 01 March 2018 09:07