Thursday, 05 March 2020 00:00

Aplikasi Fresh Food Terpilih Menjadi Salah Satu Yang Terbaik Di Dunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI WARNA WARNI Aplikasi buatan dosen Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Dr. Eng. Fadly Usman, ST., MT., terpilih menjadi satu dari 100 startup terbaik dunia yang diikuti 170.000 peserta dari 166 negara. Masuk menjadi 1% top applicant, ia berhak mengikuti Startup Istanbul Full Program pada tanggal 14-16 April 2020 mendatang. Aplikasi yang dibawa Dr.Eng Fadly tersebut bernama FRESH FOOD. Aplikasi ini membantu petani untuk bisa menjual produk pertaniannya langsung ke konsumen.

Aplikasi FRESH FOOD memberdayakan petani lokal dan bekerjasama dengan kelompok tani. Saat ini, aplikasi FRESH FOOD bekerjasama dengan belasan Kelompok Tani di Batu.Ada empat fitur yang disiapkan dalam aplikasi yaitu Fresh Food, membeli hasil pertanian berupa buah/sayur langsung ke petani dengan harga terbaik, kedua  Smart farming, membantu petani untuk membuat pertanian pintar. Ketiga, aplikasi ini menyampaikan informasi terkait bagaimana cara menanam yang baik, bahkan trend pertanian dunia disampaikan dalam e-learning pertanian. Keempat adalah e-shopping. Petani dan pemakai aplikasi dapat membeli peralatan pertanian melalui aplikasi seperti membeli bibit, mini traktor, tanki air, sensor, kamera cctv, dan sebagainya.

Fadly menjelaskan bahwa aplikasi ini bentuknya seperti marketplace. Namun yang berbeda adalah aplikasi ini tetapmengontrol dan mendampingi petani dalam produksi dan penjualan dan tidak sebebas yang ada di pasaran seperti saat ini. Untuk smart farming, pihaknya akan memfasilitasi pertanian mereka dengan sensor, CCTV, dan banyak lagi peralatan seperti tanki air untuk penyiraman, dan sebagainya. Petani bisa melihat dan mengontrol lahan pertanian mereka melalui aplikasi ini. Ia berharap aplikasi ini dapat diterapkan oleh khalayak ramai. Maret ini timnya akan menanam bawang putih seluas 20 hektar dan dua hektarnya akan menggunakan teknologi smart farming.

 

Read 825 times Last modified on Thursday, 05 March 2020 09:20