Tuesday, 17 March 2020 00:00

Universitas Brawijaya Raih Penghargaan Internasional Bidang Ekologi

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI WARNA WARNI Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK–UB) mempunyai sebuah sekolah selam yang berafiliasi dengan Scuba School Internasional Indonesia (SSI Indonesia) yang diberi nama Fisheries Diving School. Sekolah selam ini meraih penghargaan internasional untuk kategori Excellence Ecology Training Centre Award dari Scuba School Internasional (SSI) Indonesia. Penghargaan akan diserahkan dalam kegiatan Deep and Extream Indonesia pada April mendatang. Penghargaan tersebut diberikan kepada FDS atas upayanya dalam mengembangkan kompetensi akademik di bidang ekologi laut.

Beberapa upaya yang telah dilakukan FDS, antara lain memberikan pelatihan bagi akademisi, peneliti, birokrat dan juga masyarakat nelayan untuk mengidentifikasi kondisi ekosistem di sebuah wilayah. Menurut Sekretaris Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) FPIK UB, Citra Satrya Utama Dewi, penghargaan tersebut diberikan kepada FDS atas upayanya dalam mengembangkan kompetensi akademik di bidang ekologi laut. Materi pelatihan yang diberikan juga beragam. Mulai dari ekologi kelautan, ekologi paus, ekologi penyu, ombak, hingga arus pasang dan surut. Tidak hanya itu. Sekolah Selam FPIK UB juga berperan aktif dalam kegiatan masyarakat di bidang kelautan. Selain itu juga berkontribusi pada seni 'Festival Bangsring Underwater' dalam bentu monitoring ikan nemo selama 48 jam. 

Dengan penghargaan ini, FDS juga dinobatkan sebagai salah satu dari 137 dive center di Indonesia yang dipercaya memilki kualitas unggul untuk penyelenggaraan pelatihan selam berbasis ekologi laut. Sekolah selam ini dibangun sebagai sebuah bentuk komitmen FPIK UB untuk mencetak sarjana perikanan dengan keterampilan unggul yang dibuktikan oleh lisensi atau sertifikat pendamping ijazah.

 

Read 739 times Last modified on Tuesday, 17 March 2020 09:50