Tuesday, 06 March 2018 00:00

Sekala Niskala Raih Penghargaan Film Terbaik di Berlinale 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

Warna Warni kali ini saya sajikan informasi mengenai Sekala Niskala Raih Penghargaan Film Terbaik di Berlinale 2018. Kabar membanggakan hadir kembali dari dunia film indonesia dimana film Indonesia kembali berprestasi di pentas sinema dunia. 24 Februari lalu, film “Sekala Niskala” (The Seen and Unseen) karya Sutradara Kamila Andini berhasil memenangkan Grand Prize kategorie Generation Kplus International Jury di festival film internasional Berlinale di Berlin Jerman. “Sekala Niskala” menjadi film panjang pertama dari Indonesia yang berhasil mendapatkan gelar film terbaik di festival film Berlinale. Meraih penghargaan di kategori tersebut, film “Sekala Niskala” bersaing dengan beberapa film lain dari berbagai belahan dunia seperti Prancis, Nepal, dan Italia. Dalam penilaian juri, “Sekala Niskala” meraih Grand Prix atas kekuatan sinematik, puitik serta cakupan akan resiko, autentisitas dan mistis yang disajikan dengan ritmis film yang memukau penonton.

Film ‘Sekala Niskala’ berbahasa Bali dan diperankan oleh para seniman Bali seperti Ayu Laksmi dan I Ketut Rina. Film ini juga didukung oleh koreografer Ida Ayu Wayan Arya Satyani, serta bekerja sama dengan sanggar-sanggar tari di Bali dalam proses pembuatannya. Film yang akan tayang mulai tanggal 8 Maret 2018 di bioskop Indonesia ini berkisah tentang saudara kembar ‘buncing’ (perempuan dan laki-laki) yang sedang menghadapi kehilangan. Film ini tidak biasa, karena banyak menampilkan tarian dan nyanyian dalam mengungkapkan perasaan dan emosi. Penontonnya pun diajak masuk ke dunia anak-anak yang polos dan penuh imajinasi.

Penghargaan yang diraih film “Sekala Niskala” ini melengkapi sederet prestasi yang sudah diterimanya dari berbagai ajang seperti Toronto International Film Festival, Asia Pasific Screen Awards, Tokyo FILMeX 2017, dan Jogja-Netpac Asian Film Festival. Berlinale sendiri merupakan sebuah festival film kelas dunia yang sudah berlangsung sejak 1951, dan menjadi salah satu ajang yang prestisius dan paling berpengaruh di dunia. Setiap tahunnya Berlinale memutar tidak kurang dari 400 film dalam berbagai kategori, diantaranya, Competition, Generation, Panorama dan Berlinale Short. Sejak 2015, film – film asal Indonesia absen dari gelaran ini, namun di tahun 2018, Sekala Niskala kembali mengangkat nama Indonesia di panggung Berlinale.

Read 973 times Last modified on Wednesday, 07 March 2018 12:01