Thursday, 02 April 2020 09:21

Presiden Tekankan Pentingnya Kerjasama Pusat dan Daerah Tangani Covid-19

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO : VOI FOTO : VOI

 

VOI NEWS Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya kesamaan langkah yang diambil oleh pemerintah baik di pusat maupun daerah terkait penanganan pandemi Covid-19.Hal itu disampaikannya saat meninjau pembangunan RS Darurat Covid-19, Rabu (01/04/2020) di Pulau Galang, Kepulauan Riau. 

Sebelumnya, pada hari Selasa (31/3) lalu, Presiden Jokowi telah menetapkan Indonesia berada dalam status kedaruratan kesehatan dan memilih melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemerintah juga sudah membuat Peraturan Pemerintah (PP) dan Keputusan Presiden (Keppres) untuk mendukung penetapan status tersebut.

Menurut Jokowi, pemerintah daerah harus turut serta mendukung keputusan pemerintah pusat agar langkah penanganan pandemi dapat dilakukan secara menyeluruh. 

“Menurut saya yang penting adalah bagaimana kerja sama pemerintah pusat sampai pemerintah daerah yang paling bawah, dari yang paling bawah. Dari yang paling atas yaitu presiden sampai nanti kepala desa karena ini menyangkut orang yang mudik, kemudian yang di desanya mestinya ada isolasi mandiri. Kepala desa bisa melakukan (isolasi) itu meski hanya (untuk) 1-2 orang.”

Lebih lanjut Presiden Joko Widodo juga menekankan pentingnya melandaskan keputusan pada undang-undang dan peraturan yang berlaku. Dalam hal penanganan Covid-19, menurut Jokowi, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, harus melandaskan keputusan penanganan pada peraturan tentang karantina kesehatan. 

Presiden pun meminta agar pemerintah daerah tidak melakukan berbagai kebijakan di luar PSBB yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Kita ini kan bekerja berdasarkan aturan UU yang ada. Kita bekerja karena amanat konstitusi, pegangannya itu saja. Kalau ada UU mengenai Kekarantinaan Kesehatan, ya itu yang dipakai, jangan membuat acara sendiri-sendiri sehingga kita dalam berpemerintahan juga berada dalam satu garis visi yang sama.”

Presiden Joko Widodo mengaku masih memaklumi adanya pembatasan lalu lintas yang dilakukan sejumlah daerah seperti menutup jalan-jalan masuk ke kota atau kabupaten tertentu. Namun demikian, dirinya meminta agar ada kesamaan pandangan antara pemerintah pusat dan daerah terkait pembatasan kegiatan masyarakat. 

“Lockdown apa sih? Karena lockdown kita harus sama, orang gak boleh keluar rumah, transprotasi harus semua berhenti baik itu bus, kendaraan pribadi, sepeda mobil, kereta api, pesawat berhenti semuanya. Kegiatan-kegiatan kantor semua dihentikan. Kan kita tidak mengambil jalan yang itu. Kita tetap aktivitas ekonomi ada tapi masyarakat kita semua harus jaga jarak aman, social distancing, physical distancing itu yang paling penting.”

Presiden pun mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga jarak aman, cuci tangan dan mengurangi memegang wajah guna menekan penyebaran pandemi Covid-19 ditengah masyarakat. (Ndy)

Read 319 times Last modified on Thursday, 02 April 2020 11:40